-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Franco & Siena, Terus Berdayakan UMKM Yogyakarta-Jateng

    30/01/23, 13:10 WIB Last Updated 2023-01-30T06:10:02Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja – Fokus pada sajian khas Italia, Franco & Siena resto terus menghadirkan menu-menu yang dipadukan dengan kebiasan lokal. Penggunaan bahan-bahan dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Yogyakarta dan Jawa Tengah terus ditingkatkan.


    Franco & Siena resto hadir pertama kali pada pada 28 Maret 2021 Franco & Siena resmi berdiri di lingkungan Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.


    Dalam rilis kepada KabarJogja.id, Senin (30/1), chef utama Franco&Siena resto Robert Anthony Alexsander Nayoan menyatakan hadirnya usaha ini adalah ingin meningkatkan daya jual sajian olahan ayam bernuansa Nusantara dan Jepang.


    “Ide tempat usaha makanan dengan sajian Italian food didasari pada gagasan hendak membawa sesuatu yang berbeda di kawasan tersebut,” kata Robert.


    Franco & Siena menyajikan menu-menu Italia yang sudah dikenal umum dan beberapa menu yang dipadupadankan dengan kebiasan lokal. Misalnya Arrabiata yang biasanya saus untuk pasta, Franco & Siena menggunakannya sebagai topping untuk menu chicken cutlet.


    Selain itu, Franco & Siena menggunakan produk lokal dengan kualitas terpilih dan sayur-mayur terbaik dari UMKM di Semarang dan Yogyakarta. Penggunaan bahan-bahan lokal ini tentu saja akan menghadirkan citarasa yang sedikit berbeda dengan bahan impor.


    “Kami melakukan sedikit adjusted pada pengolahan dan penyajian, sehingga masyarakat lokal dapat menerima sajian khas Italia. Mereka dapat merasakan masakan otentik Italia dengan harga terjangkau,” ungkapnya.


    Penggunaan nama Franco&Siena ini bagi Robert sebenarnya merupakan gabungan dari Franco, nama lelaki yang banyak dipakai di Italia dan Siena adalah nama perempuan.


    Dua nama yang sangat Italia ini pun akan memudahkan orang untuk mengingat dan mampu mewakili karakter Italia di tengah masyarakat.

    Kehadiran Franco&Siena ini diapresiasi Matteo Bulgarini, ekspatriat Italia yang tinggal di Semarang. Bagi Matteo, resto ini telah mengingatkannya pada berbagai menu khas negaranya.


    “Saya pikir saya telah menemukan tempat yang saya cari. Franco & Siena adalah restoran yang dijalankan oleh koki yang sangat bersemangat dan tersenyum. Saya sudah pergi ke sana 3 kali dan mencicipi beberapa hidangan seperti bruschetta, spezzatino di manzo, spaghetti tonno e aglio, granita di fragola. Saya merekomendasikannya,” ucapnya. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close