-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tiga Kopi Khas di Jogja, Silakan Dicoba

    16/01/20, 12:19 WIB Last Updated 2020-01-16T05:19:51Z


    Kaya akan tanaman kopi, membuat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu lokasi yang cocok untuk disinggahi para pecinta kopi. Bermacam rasa dapat ditemukan di sini.

    Dicampur dengan kemasan suasana yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya ketika menikmatinya. Membuat cita rasa dari minuman ini semakin memiliki kekhasan tersendiri. Sebut saja kopi hasil tanaman pertanian warga Sleman di lereng Merapi. Banyak di sana dapat ditemukan produk-produk kopi tradisional. Dari muali robusta, arabika, hingga kopi madu. Nah, berikut ini beberapa kopi asli dari DIY yang bisa menjadi pilihan:

    Kopi Menoreh 
    Kopi ini ada sejak zaman penjajahan silam, berlokasi di Perbukitan Menoreh, Kecamatan Samigaluh, Jabupaten Kulonprogo. Kopi ini ditanam di perkebunan dengan sistem tumpangsari, yaitu di sebuah lahan dengan bermacam jenis tanaman.

    Selain kopi, juga ada tanaman nangka, cokelat, hingga cengkeh. Ketika ditanam dengan sistem itu, otomatis rasa kopinya pun bercampur, ketika sudah diproses masak.

    Warga setempat memberikan brand kopinya bernama Kopi Mbajing. Kopi ini terdapat 20 varian kopi jenis robusta dari hasil pertanian di 20 dusun.

    Kopi Merapi
    Ada banyak jenisnya kopi ini. Ditanam di beberapa daerah, sepertio Cangkringan, Pakem, dan Turi. Turut berbeda pula rasanya. Semisal di Kecamatan Cangkringan, ada banyak penjaja kopi di daerah ini.

    Seperti di Kinahrejo, maupun di Petung, daerah Kepuharjo. Menikmati hasil tanaman kopi milik petani dengan pemandangan khasnya berupa Gunung Merapi, menambah kenikmatan tersendiri. Apalagi dengan senyum, sapa ramah dari warga lokal di sana. Membuat kenyamanannya pun bertambah.

    Sebuah tempat yang cukup rekomended jika ingin menikmati kopi dengan pemandangan Merapi adalah di warung kopi tugu ambruk. Warung ini cukup terkenal di lereng Merapi.

    Kopi Madu
    Nah, ini dia salah satu kopi produksi warga lereng Merapi yang cukup unik. Ya, kopinya bernama kopi madu. Seperti namanya, kopi ini ada kekhasan rasa mnaisnya, meski ditanam tidak memakai konsep tumpangsari.

    Kopi ini diproduksi oleh petani di Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Kabarnya, bibit tanaman yang diambil dari Jember, Jawa Timur dengan ditanam di tanah yang mengandung abu vulkanik Merapi membuat kopi ini berasa manis.(kha)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini