-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Jadwal Tahap Pertama Vaksinasi di Yogyakarta

    05/01/21, 18:06 WIB Last Updated 2021-01-05T11:06:02Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji menegaskan DIY telah siap melaksanakan tahap awal vaksinasi CoViD-19. Kesiapan DIY ini pun telah di konfirmasi oleh Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Kesehatan RI yang menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Nasional pada Selasa (05/01).


    Bersama Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaning Astutie, Aji mengikuti rakor secara daring dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Usai rakor, Aji mengatakan, tujuan rakor kali ini memang untuk memastikan kesiapan semua daerah karena pada 13 Januari 2021 mendatang akan dilakukan dimulai pelaksanaan tahap awal vaksinasi serentak di seluruh Indonesia.



    “Vaksin untuk DIY pun sudah diterima kemarin (04/01). Vaksin ini ialah vaksin yang akan digunakan untuk tahap satu, yakni bagi para tenaga kesehatan. Tadi juga disampaikan oleh Pak Menteri (Mendagri RI), kita diminta persiapan karena nanti tanggal 13 Januari 2021, secara simbolis mulainya tahap vaksinasi akan dilakukan di Jakarta, di antaranya vaksinasi kepada Bapak Presiden,” ungkapnya.


    Selanjutnya, masing-masing daerah termasuk DIY juga diminta untuk menyiapkan kegiatan simbolis pelaksanaan memulai tahap awal vaksinasi yang diikuti para tokoh yang ada di DIY. Untuk DIY, pelaksanaannya dijadwalkan pada 14 Januari 2021.


    Dari data Kementerian Kesehatan RI, DIY termasuk dalam 14 provinsi prioritas pelaksanaan vaksinasi. Tidak hanya karena alasan konfirmasi kasus positif CoViD-19 menjadi yang tertinggi di Indonesia, tapi juga karena provinsi-provinsi ini menjadi sentra ekonomi dan pariwisata.


    “Jadi memang hampir semua daerah di Jawa tingkat konfirmasi positifnya cukup besar, sehingga menjadi daera yang diprioritaskan agar segera dilaksanakan vaksinasi. Oleh karena itu, masyarakat kita minta tetap tidak boleh mengendorkan protokol kesehatan walaupun sudah ada vaksinansi,” papar Aji.


    Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaning Astutie mengatakan, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan oleh vaksinator di sejulah fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di DIY, seperti puskesmas dan rumah sakit. Total ada 121 puskesmas dan 85 rumah sakit serta fasyankes yang lain.


    “Vaksinator di DIY saat ini ada sekitar 300 orang. Jumlah ini akan terus naik karena kami juga terus melakukan pelatihan bagi tenaga kesehatan yang lainnya. Target di DIY jumlah vaksinator bisa mencapai 1.200 orang, untuk melayani 2,6juta penduduk DIY,” jelasnya.


    Pembayun pun mengatakan, vaksin untuk tahap awal di DIY sudah datang, dan pada pukul 06.30 WIB hari ini (05/01) sudah masuk cool room penyimpanan sebanyak 260ribu. Semua vaksin ini akan diberikan pada para tenaga kesehatan di DIY.


    “Harus saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik media, fasyankes juga yang bahkan bisa tepat waktu input data, sehingga data untuk DIY sudah masuk 100%. Terima kasih juga kepada jajaran Polda dan BINDA yang membantu mengawal vaksin sampai di instansi farmasi. Semoga tahapan vaksinasi di DIY berjalan aman dan lancar,” imbuhnya.


    Pada Rakor Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Nasional ini hadir Mendagri RI, Tito Karnavian; Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin; Kepala BNPB, Doni Monardo; dan Wakil Menkes RI, Dante Saksono Harbuwono.(rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close