-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pramuka Diharapkan Berperan Mencegah Hoax

    14/08/20, 14:24 WIB Last Updated 2020-08-14T07:25:41Z


    Sleman, Kabar Jogja – Pramuka diharapkan dapat menjadi barisan terdepan dalam mencegah berkembangnya ujaran kebencian atau hoax, maupun perilaku negatif lainnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo dalam peringatan hari pramuka ke-59 tahun 2020 bertempat di Gedung Serbaguna Pemkab Sleman.

    Sri Purnomo dalam sambutannya mengatakan tema hari pramuka pada tahun ini adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara” sebagai perwujudan peran pramuka yang aktif dalam penanggulangan bencana COVID-19 yang juga salah satu sarana pendidikan dalam membangun keutuhan NKRI.

    Menurutnya, pramuka di era digital harus memiliki kepedulian yang lebih. Generasi milenial saat ini diharapkan dapat memanfaatkan konten digital diberbagai media sosial untuk menyalurkan minat mereka.

    “Selain itu juga saling menjaga agar setiap pramuka dapat menjadi barisan terdepan dalam mencegah berkembangnya ujaran kebencian atau hoax, maupun perilaku negatif lainnya,” katanya.

    GKR Mangkubumi menambahkan, saat ini telah banyak aksi pramuka khususnya di DIY yang telah menyumbangkan baktinya bagi penanganan COVID-19. Tidak terdapat hambatan kegiatan yang berarti karena pramuka terbiasa hidup legowo, sederhana, dan selaku kreatif berinovasi menyesuaikan medan kegiatan yang ada.

    “Sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah secara cepat dapat menyesuaikan dengan berbagai media virtual karena sudah terbiasa melaksanakan kegiatan daring seperti JOTA-JOTI (Jambore on the Air -Jambore on the Internet),” ucapnya.

    Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sleman Arif Haryono mengatakan rangkaian kegiatan peringatan hari pramuka di Sleman yaitu aksi donor darah dengan peserta 140 orang, Wirapati Scout Festival, pembagian masker, handsanitizer, dan sembako, pelatihan spraying bagi tim spraying Kwartir Ranting se-Kwarcab Sleman, penyemprotan desinfektan, bimbingan teknis budidaya pertanian dan peternakan lahan sempit bagi pembina non ASN, serta sarasehan Pramuka dan ulang janji.(dho)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close