-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    UKDW Tuan Rumah BfdW Alumni Conference 2020

    12/02/20, 17:55 WIB Last Updated 2020-02-12T14:56:29Z

    Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah acara Bröt für die Welt (BfdW) Alumni Conference 2020 yang diselenggarakan sejak tanggal 7 Februari hingga tanggal 11 Februari 2020.

    Menurut Chairman BfdW Alumni Conference, Dr.-Ing. Ir. Paulus Bawole, MIP., Bröt für die Welt atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Bread for the World adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kepanjangan tangan pengembangan gereja-gereja Protestan di Jerman yang memberikan beasiswa bagi masyarakat yang ingin melanjutkan studinya pada jenjang S1, S2, dan S3 di Jerman.

    “Jerman merupakan salah satu negara favoritbagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studinya, bahkan ada banyak peneliti yang melakukan penelitian pascadoktoral di perguruan tinggi Jerman. Dari sekian banyak alumni universitas Jerman yang berasal dari Indonesia, terdapat kurang lebih 130 alumni yang mendapatkan beasiswa dari BfdW ini,” jelas Paulus Bawole.

    Awalnya lembaga beasiswa ini bernama Ecumenical Study Foundation atau dalam bahasa Jerman dikenal dengan Öcumenisches Studienwerk e.V. (ÖSW) yang didirikan pada tahun 1970 di Bochum. Kemudian pada tahun 2003 lembaga ini diintegrasikan ke dalam Evangelischer Entwicklungsdienst e.V. (EED)/the Protestant Development Servicedi Bonn. Sejak tahun 2012 pelayanan lembaga beasiswa gereja protestan di Jerman dilanjutkan pada institusi  BfdW di Berlin, ibukota Jerman.

    Hingga hari ini sekitar 4.000 beasiswa telah diberikan untuk kuliah program pascasarjana di Jerman, negara-negara Eropa lainnya, dan juga di negara-negara bagian selatan. Sebagian besar para sarjana kembali ke negara mereka setelah menyelesaikan studi  dan melanjutkan pekerjaan di organisasi mitra BfdW di seluruh dunia termasuk Indonesia.

    Paulus Bawole mengungkapkan para alumni ÖSW, EED, dan BfdW yang tinggal tersebar di berbagai kota atau wilayah di Indonesia sekarang bekerja di lembaga-lembaga seperti pada institusi pendidikan tinggi sebagai dosen dan peneliti, LSM, maupun Pegawai NegeriSipil (PNS).

    Oleh karena itu semua alumni yang mendapatkan beasiswa dari ÖSW, EED, dan BfdW diundang untuk bergabung dalam konferensi serta membagikan pengalamannya, terutama karya di bidang pemberdayaan masyarakat. Dengan diselenggarakannya BfdW Alumni Conference ini diharapkan dapat memperkuat jejaring, mengakomodasi, serta meningkatkan kontribusi alumni ÖSW, EED, dan BfdW bagi kemajuan bangsa Indonesia di segala aspek,” terangnya.

    Pertemuan alumni ÖSW, EED, dan BfdW di Yogyakarta dibagi menjadi beberapa kegiatan di antaranya konferensi, kunjungan lapangan, dan diskusi dengan lembaga mitra BfdW. Isi dari semua kegiatan termasuk tema konferensi merujuk pada motto tahunan BfdW yaitu "Hunger for Justice". Di akhir progam, para alumni diharapkan dapat memperkuat kerja sama diantara alumni Indonesia dengan membentuk jaringan alumni Bread for the World Indonesia, sehingga dapat berkolaborasi dalam bidang penelitian maupun pemberdayaan masyarakat.

    Dra. Haryati BawoleSutanto, M.Sc.,BfdW Conference Coordinator, mengungkapkan para peserta BfdW Alumni Conference 2020 merupakan alumni yang pernah mendapatkan dukungan pendidikan sebagai pengembangan kapasitas diri dan sekarang tersebar melayani di seluruh wilayah Indonesia.  

    Beberapa diantaranya berasal dari berbagai daerah di Jawa dan di luar Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, Halmahera, Bali, dan Nusa TenggaraTimur.  Para peserta yang hadirakan membagikan pengalaman dan perannya dalam program pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

    Mengangkat tema Hunger for Justice konferensi ini menghadirkan narasumber dari Jerman dan Indonesia, di antaranya adalah Beate Schreiber yang akan menyampaikan Campaign of Bread for the World, Dr. Erica Pardede untuk mengulas topic Justice to Food and Food Security, Dr.-Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T. dengan topic Moving Indonesia’s Capital: A New Hope for a Better Future.

    Sementara itu perwakilan dari Stube Hematakan menyampaikan topic StubeHemat in the Midst of Hunger for Justice, sedangkan Susanne Werner mengulas topic Scholarship Work at Bread for the World and Alumni Networking, Rev. Mungky Sasmita dengan topikThe Dynamic of Relationship among Religions in Indonesia, Dr.Rer.Nat. Ferry Kawur dengan topic OSW Alumni on Service: Reflection and Recollection, dan Nicola Breunig yang akan menyampaikan Presentation and Discussion of the Indonesian Strategy of Bread for the World.

    Pada acara tersebut, organisasi mitra BfdW sepertiYayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (YAKKUM), Society for Health Education, Environment and Peace (SHEEP), dan Community Development (CD) Bethesda juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja mereka.(rls)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close