-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    166 Siswa SMPN 12 Kota Yogyakarta, Gelar Karya Kreativitas Kewirausahaan

    03/03/23, 16:20 WIB Last Updated 2023-03-03T09:20:45Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Sebanyak 166 siswa kelas VII Kota Yogyakarta menggelar pameran berbagai karya yang diproduksi dari kreativitas mereka. Pameran yang sudah berlangsung ketiga kalinya ini sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa.


    Pameran bertajuk ‘Gelar Karya Proyek Profil Pelajar Pancasila, SMPN 12 Kota Yogyakarta Berkarya Mengembangkan Jiwa Seni dan Kewirausahaan Yang Berdikari’ digelar di aula utama sekolah Jumat (3/3).


    Kepala Sekolah SMPN 12 Kota Yogyakarta Abdurrahman menerangkan ajang gelar karya merupakan konsep dan upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada anak-anak.


    Dimana produk yang dihasilkan tidak hanya berupa barang, namun juga kreatifitas dalam mempromosikan ide serta kreativitas dalam gerak.


    “Itu artinya anak-anak kita minta untuk menghasilkan poster yang materinya mempromosikan berbagai ide maupun produk yang dihasilkan. Tak hanya barang, produk yang dihasilkan juga berupa seni tarik yang merupakan kreasi mereka sendiri,” jelasnya.


    Pihak sekolah menurutnya membebaskan siswa untuk berkreasi sebebas mungkin dan menyebarkannya melalui media sosial yang dimiliki untuk menunjukkan kebanggan bahwa inilah hasil karya siswa-siswi SMPN 12 Kota Yogyakarta.


    Dalam prosesnya, para siswa ini dibagi dalam tiga kelas karya yang disesuaikan dengan minat dan bakatnya.  Ada kelas gerak yang menghasilkan tari, kelas media visual yang menghasilkan poster dan kelas kuliner dengan olah masakan sebagai hasilnya.


    “Sebelum dipamerkan, para guru melakukan seleksi dulu mana produk-produk hasil kreasi siswa yang nantinya layak dipamerkan. Melalui ajang ini, kami ingin ingin menumbuhkan anak-anak berwirausaha. Karena sesuai kurikulum merdeka bahwa anak harus mengasah kreativitas dan mandiri,” paparnya.


    Secara keseluruhan siswa kelas VII SMPN 12 Kota Yogyakarta terdapat 199 anak didik. Dalam mempersiapkan produk yang dipamerkan dalam gelar karya ini mereka terbaik dalam dua kelas up level makanan, dua kelas poster marketing dan dua kelas seni pertunjukkan.


    Hari ini dipamerkan sebanyak 66 poster berbentuk digital dan manual dengan tema pariwisata, kuliner, entertainment, kesenian daerah. Kemudian seni pertunjukan menampilkan 12 penampilan terdiri dari  tari, drama dan stand kuliner ada 11 jenis makanan.


    Dirinya juga menyatakan di ajang ini pihaknya juga mengundang kepala sekolh maupun perwakilan dari sekolah-sekolah terdekat untuk melihat hasil karya. Dengan harapan nantinya ajang gelar karya SMPN 12 Kota Yogyakarta menjadi percontohan bagi sekolah- sekolah lainnya.


    Kasi Kurikulum SMP Disdikpora Kota Yogyakarta, F Ari Setiawan merespon baik kegiatan Gelar Karya di SMPN 12 Kota Yogyakarta. Ajang ini dinilai akan menjadikan anak lebih berani mengembangkan ide kreatif. 


    “Melalui ajang ini anak-anak didik diajarkan mengenal dan berpikir bagaimana meramu produk atau ide yang diciptakan dapat menghasilkan nilai. Ini mewujudkan keseimbangan antara akademik dan nonakademik," jelasnya.


    Sehingga mereka dilatih memiliki gambaran tentang kewirausahaan Diharapkan dengan mengenal pemikiran ini, anak-anak bisa menentukan pilihannya setelah lulus SMP. Apakah melanjutkan ke SMA atau SMK. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close