-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Garuda Indonesia Belum Akomodir Pramugari Berjilbab, Anggota DPD RI: Harus Segera Direvisi

    05/02/23, 14:38 WIB Last Updated 2023-02-05T07:38:03Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja - Senator Indonesia asal DI Yogyakarta Dr. H. Hilmy Muhammad, M.A. menyayangkan sikap Garuda Indonesia yang hingga saat ini masih belum mengakomodir awak kabinnya dalam pemakaian jilbab.


    Hal itu, menurut pria yang akrab disapa Gus Hilmy, perlu segera direvisi. Alasannya, dunia kerja sudah sangat terbuka, kebebasan beragama juga dilindungi oleh negara, maka melarang berjilbab bagi pramugari sama halnya dengan mencederai hak konstitusi beragama yang harus dihormati.


    “Tidak boleh mewajibkan orang berjilbab, juga sebaliknya tidak boleh melarang orang berjilbab. Itu dijamin secara konstitusional dalam UUD Tahun 1945 sebagai bagian dari hak asasi manusia sehingga setiap orang boleh berekspresi menurut agama yang dianutnya. Lagi pula, dunia kerja sudah sangat terbuka. Jadi harus segera direvisi kebijakannya,” ujar anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tersebut melalui keterangan tertulis pada Minggu (05/02/2023).


    Lebih lanjut, pria yang juga Katib Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut mempertanyakan alasan mengapa Garuda belum memfasilitasi pramugari berjilbab. 


    “Alasannya apa? Tidak modis? Takut penumpangnya pada lari? Fasyen kita sudah sedemikian apik memodifikasi jilbab sebagai pakaian harian kerja. Pramugari untuk haji itu bisa jadi contoh untuk diterapkan di semua jadwal penerbangan, baik lokal maupun internasional. Penumpangnya Garuda sudah terseleksi, jadi tidak akan mengurangi peminatnya hanya karena jilbab, kecuali pelayanannya buruk,” tegas Gus Hilmy.


    Pria yang juga anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat tersebut juga memberikan contoh perusahaan maskapai yang sudah menerapkan pramugari berjilbab. Menurutnya, maskapai-maskapai itu lebih bisa survive daripada Garuda yang laporannya kerap merugi.


    “Garuda bisa mencontoh NAM Air yang sudah sejak 2013 memperbolehkan pramugarinya berjilbab. Juga Sriwijaya Air dan Citilink. Mereka terbukti lebih survive kan? Tidak ada laporan kebangkrutan? Maskapai luar negeri sudah banyak, seperti Brunei, Arab Saudi, Iran,” kata Gus Hilmy.


    Untuk itu, pria yang merupakan salah satu pengasuh Pondok Pesantren Krapyak tersebut berkomitmen untuk mendukung Garuda Indonesia untuk mengakomodir pramugari yang berjilbab.


    “Kita dukung Garuda Indonesia untuk segera menerapkan aturan yang membolehkan berjilbab,” ujar Gus Hilmy.


    Gus Hilmy juga mengusulkan beberapa program yang bisa diakomodasi oleh Garuda untuk menambah daya tarik konsumen muslimnya. Di antaranya hafalan doa-doa harian, semakan al-Qur'an hingga dakwah Islam yang damai.


    “Sebenarnya Garuda pernah menghadirkan konten menarik pada tahun 2019, yaitu pengadaan murottal al-Qur'an. Ini kan bisa dikembangkan, misalnya dengan ditambahkan bacaan al-Qur'an beserta terjemahnya hingga konten-konten seperti doa-doa harian dan dakwah Islam Nusantara yang terbukti mampu menjaga perdamaian dan kesejukan masyarakat Indonesia. Ini tidak saja menjadikan penumpang bisa menikmati perjalanan sambil tetap bisa beribadah, tetapi juga menunjukkan Indonesia sebagai tempat yang aman untuk semua kalangan,” usul Gus Hilmy. (rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close