-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Anggota DPRD Bakal Hadir Saat Sultan Dilantik Pada 10 Oktober

    30/09/22, 18:22 WIB Last Updated 2022-09-30T11:22:01Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Wakil Ketua DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Huda Tri Yudiana mendapatkan kabar Presiden Joko Widodo sudah dipastikan akan melantik Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur pada 10 Oktober.


    Kepastian ini didapatkan Huda saat bersama dengan Sekretaris DPRD, Kepala Biro Hukum, Kepala Biro Tapem, dan Kepala Biro Umum Pemda DIY berkunjung ke Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat (30/9).


    “Di sana rombongan kami diterima langsung Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang didampingi Kepala Biro Protokol Yusuf Permana,” kata Hudha.


    Kedatangan rombongan dari DIY ini menurut Budha sebenarnya untuk menanyakan dan memastikan keputusan mengenai surat permohonan pengesahan dan pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur DIY periode 2022 - 2027 yang sudah ditetapkan pada sidang paripurna DPRD DIY 9 Agustus 2022 lalu.


    Hudha menyampaikan dalam diskusi di sana sempat disampaikan terkait keputusan tentang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY adalah tanggung jawab Presiden dan akan ditandatangani sesuai ketentuan perundangan.


    “Tidak akan mundur dari waktu. Adapun pelantikan segera dijadwalkan dan dikoordinasikan secara teknis agar bisa dilakukan 10 oktober, bertempat di ibukota negara Jakarta,” tegas Hudha.


    Pihak Sekretariat Presiden dalam pertemuan, sebut Huda sempat bercerita di tanggal itu Presiden Joko Widodo sudah memiliki agenda berkunjung ke daerah dengan Kementerian.


    “Kemudian kita ingatkan 10 Oktober adalah tanggal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, kemudian agenda ke daerah disesuaikan,” papar Hudha.


    Demikian juga dengan permintaan 55 anggota DPRD DIY untuk diperkenankan hadir menyaksikan pelantikan juga disanggupi Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi langsung. 


    Hal ini karena DIY merupakan daerah Istimewa dan hadirnya DPRD DIY merupakan representasi dukungan bulat dari seluruh masyarakat DIY.


    Heru Budi juga berjanji segera berkoordinasi teknis dengan pihak-pihak terkait dan Pemda DIY untuk menyiapkan pelantikan kembali Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022 - 2027.


    “Kita berharap dan berdoa agar semua agenda pelantikan berjalan lancar sesuai rencana. Kami juga mengapresiasi Ngarso Dalem yang menghendaki selebrasi dilaksanakan dengan kesederhanaan. Kita semua bahagia tapi diungkapkan secara sederhana dan sangat penting diiringi doa untuk kebaikan semua warga,” pungkas Hudha. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close