-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Penyebab Ketiak Bau Basah dan Hitam, Serta Cara Mengatasinya

    01/02/21, 19:56 WIB Last Updated 2021-02-01T13:00:17Z

    cara agar ketiak tidak bau basah dan hitam

    Kabar Jogja - Banyak orang mengalami permasahan pada ketiak mereka. Baik itu bau basah maupun berwarna gelap. Lalu bagaimana cara agar ketiak tidak bau basah dan hitam, berikut ini adalah artikel yang menjelaskannya.

    Ketiak bau basah

    Banyak orang mengalami bau ketiak dari waktu ke waktu. Saat berkeringat, cairan tersebut bercampur dengan bakteri di kulit. Jika mengering, bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

    Beberapa pengobatan tersedia untuk mengatasi keringat berlebih, termasuk perawatan yang dijual bebas, obat resep, suntikan, dan banyak lagi.

    Penyebab

    Keringat menyebabkan bau ketiak. Berkeringat adalah fungsi tubuh yang normal dan perlu yang menghentikan orang dari kepanasan.

    Dikutip dari medical news today, ada 2-4 juta kelenjar keringat di tubuh. Sebagian besar adalah kelenjar keringat ekrin, dan yang lainnya adalah kelenjar keringat apokrin. Orang memiliki banyak jenis kelenjar keringat di ketiak.

    Ketika seseorang berolahraga atau badan menjadi terlalu panas, kelenjar keringat mengeluarkan keringat, yang menguap dan mendinginkan tubuh. Stres dan emosi yang intens juga bisa membuat orang berkeringat.

    Kelenjar ekrin mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau. Namun, jika mengering di kulit bisa menimbulkan bau. Kelenjar apokrin mengeluarkan cairan kental yang berbau saat bercampur dengan bakteri di kulit.

    Kelenjar keringat menjadi lebih aktif pada pria dan wanita selama masa pubertas. Akibatnya, adalah umum bagi remaja untuk mulai mengalami ketiak bau padahal sebelumnya tidak.

    Beberapa orang memiliki kelainan medis yang membuat mereka berkeringat lebih dari yang seharusnya. Nama untuk kondisi ini adalah hiperhidrosis.

    Hiperhidrosis mempengaruhi sekitar 3 persen populasi. Orang yang memiliki kelainan ini memiliki kelenjar keringat yang terlalu aktif yang mengeluarkan keringat bahkan saat mereka tidak sedang kepanasan atau berolahraga.

    Hiperhidrosis biasanya tidak berbahaya, tetapi terkadang disebabkan oleh tiroid yang terlalu aktif.

    Jika keringat bercampur dengan bakteri, maka dapat menimbulkan bau badan yang khas, yang biasa disebut dengan B.O. Jika bau ini menjadi kronis, dokter menyebutnya bromhidrosis.

    Beberapa makanan, seperti bawang putih, pun dapat mengubah bau keringat.

    Perawatan

    Kebersihan yang baik dapat membantu mencegah bau ketiak dengan cara membasmi bakteri penyebab bau tak sedap. Orang harus mandi atau mandi sekali sehari dan setelah berolahraga. Mereka juga harus mengenakan pakaian bersih setiap hari dan berganti pakaian setelah berolahraga.

    Selain mempraktikkan kebersihan yang baik, kita dapat mencoba cara lain untuk memerangi bau ketiak. Seperti mencukur ketiak dan menggunakan deodoran atau antiperspirant seringkali dapat membantu mencegah bau badan. Deodoran biasa dilengkapi dengan pewangi yang akan membantu menutupi baunya.

    Antiperspirant mengandung bahan kimia yang mencegah orang berkeringat. Mereka menyumbat kelenjar keringat, yang menyuruh tubuh berhenti mengeluarkan keringat. Tindakan sederhana ini mungkin tidak berhasil untuk orang dengan hiperhidrosis.

    Jika berkeringat berlebihan dapat menyebabkan bau ketiak meskipun seseorang mandi secara teratur dan menggunakan deodoran atau antiperspirant.

    Hal pertama yang akan direkomendasikan dokter biasanya adalah antiperspirant kekuatan resep. Kadang-kadang, bahan ini dapat membakar atau mengiritasi kulit. Jika ini terjadi, orang tersebut harus memberi tahu dokternya.

    Jika antiperspiran dari resep tidak menghentikan keringat berlebih, dokter mungkin menyarankan perawatan seperti suntikan toksin botulinum.

    Orang biasanya menyebut suntikan toksin botulinum sebagai Botox. Kadang-kadang, dokter menyuntikkan sedikit Botox ke ketiak untuk mengatasi keringat berlebih.

    Suntikan botoks membantu menghentikan keringat berlebih dengan memblokir bahan kimia dalam tubuh yang merangsang kelenjar keringat. Bagi kebanyakan orang, dibutuhkan waktu 4–5 hari untuk bekerja, dan efeknya biasanya berlangsung sekitar 4–6 bulan.

    Beberapa orang mungkin merasa suntikan itu menyakitkan.

    Jika keringat berlebih memengaruhi seluruh tubuh, dokter mungkin menyarankan penggunaan obat antikolinergik. Obat antikolinergik mencegah orang berkeringat, jadi umumnya tidak cocok untuk atlet atau orang yang tinggal di daerah beriklim panas.

    Efek samping yang umum dari obat ini meliputi; mulut kering, mata kering, pandangan yang kabur, detak jantung yang tidak normal, perubahan mendadak pada bau badan.

    Melahap beberapa makanan, termasuk bawang putih dan bawang merah, bisa membuat bau keringat berbeda. Alkohol juga dapat menyebabkan efek ini. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat menyebabkan perubahan bau badan secara tiba-tiba di sekitar ketiak.

    Stres dan kecemasan bisa membuat orang berkeringat lebih banyak dari biasanya. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan perubahan mendadak pada bau ketiak.

    Kapan harus ke dokter

    Setiap orang pasti memiliki ketiak yang bau dari waktu ke waktu. Ini sangat normal dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika ketiak bau lebih sering terjadi, hal itu bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Baik hiperhidrosis dan bromhidrosis dapat menyebabkan stres dan masalah sosial. Jika demikian, orang tersebut harus berkonsultasi dengan dokter.

    Pencegahan

    Cara terbaik untuk mencegah ketiak bau basah adalah dengan mendi setiap hari dan setelah berkeringat. Menggunakan antiperspiran atau deodoran dan mencukur ketiak juga bisa membantu.

    Menghindari alkohol dan makanan tertentu, seperti bawang merah dan bawang putih, juga akan membantu mencegah bau ketiak dalam beberapa kasus.

    Kesimpulan

    Berkeringat adalah fungsi tubuh yang penting dan normal. Kebanyakan orang terkadang memiliki ketiak yang bau basah.

    Mandi setiap hari dan setelah berolahraga, mengenakan pakaian bersih setiap hari, dan menggunakan antiperspirant atau deodoran biasanya dapat mencegah masalah tersebut.

    Beberapa orang memiliki kondisi yang membuat mereka mengeluarkan banyak keringat. Dokter menyebut ini hiperhidrosis, dan terkadang dapat menyebabkan bau badan. Berbagai faktor dapat menyebabkan perubahan bau ketiak secara tiba-tiba. Ini termasuk makanan dan obat-obatan tertentu.

    Siapa pun yang mengalami bau ketiak memengaruhi kualitas hidup mereka harus berbicara dengan dokter.

    Cara menghilangkan ketiak hitam atau gelap

    Ketiak hitam seringkali merupakan gejala acanthosis nigricans. Gangguan kulit ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kondisi medis yang mendasari, seperti diabetes atau obesitas.

    Warna hitam itu sendiri biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, beberapa orang tidak suka ketiak berwarna gelap karena alasan kosmetik dan mungkin ingin mencoba menggunakan metode pengobatan di antaranya pelembab, mengoleskan krim topical, menjalani terapi laser, menggunakan pengobatan alami seperti jus lemon atau ekstrak teripang.

    Acanthosis nigricans (AN) juga dapat menyebabkan penebalan kulit atau penggelapan di area tubuh lain, seperti leher dan selangkangan. AN memengaruhi orang, dengan prevalensi yang bervariasi menurut usia, ras, dan berat badan.

    Apa penyebabnya?

    Area kulit yang gelap dapat terjadi ketika sel pigmen di kulit berkembang biak lebih cepat dari biasanya. Hal ini dapat terjadi akibat pencabutan bulu berulang kali. Mencukur ketiak secara teratur dapat menyebabkan produksi sel pigmen yang berlebihan.

    Faktor risiko

    Setiap orang berisiko mengembangkan AN di ketiak atau area tubuh lainnya. Namun, beberapa orang lebih mungkin mengalami kondisi kulit ini dibandingkan yang lain.

    Faktor risiko ketiak gelap meliputi: memiliki anggota keluarga dekat dengan kondisi tersebut, memiliki kulit yang lebih gelap, menjadi gemuk, menderita diabetes atau resistensi insulin, terlalu sering mencukur atau mencabut ketiak, mengalami kondisi hormone, minum obat tertentu, menderita kanker perut, hati, atau usus besar.

    Perawatan untuk AN

    Perawatan biasanya melibatkan pengelolaan penyebab AN. Bergantung pada penyebabnya, pilihan pengobatan mungkin termasuk: minum obat untuk mengendalikan diabetes, menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan, mengelola gangguan hormonal dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, beralih ke obat lain yang tidak menyebabkan AN, jika memungkinkan, menjalani operasi untuk mengangkat tumor kanker, jika tidak ada penyebab yang mendasari AN maka pengobatan tidak diperlukan.

    Tips menghilangkan ketiak hitam atau gelap

    Orang dengan masalah kosmetik dapat mencoba mencerahkan kulit menggunakan beberapa metode. Di antaranya melembabkan ketiak, mencukur atau mencabut bulu ketiak terlalu sering dapat menyebabkan ketiak menjadi gelap, jadi pelembap dapat membantu mengurangi iritasi pada ketiak.

    Kemudian, selalu gunakan sabun atau busa cukur sebelum bercukur, dan pilih satu untuk kulit sensitif.

    Oleskan losion pelembab alami dan tidak beraroma ke area setelah bercukur untuk mengurangi iritasi dan mencegah perubahan pada kulit.

    Menerapkan pengobatan alami

    Beberapa orang mengklaim bahwa perawatan alami dapat mencerahkan kulit yang gelap. Hanya ada sedikit, jika ada, penelitian ilmiah untuk mendukung klaim ini. Pengobatan alami yang populer untuk ketiak gelap meliputi; kurkumin yang merupakan pigmen pada kunyit,  jus lemon, milk thistle, ekstrak teripang.

    Pencegahan

    Beberapa cara untuk mengurangi risiko timbulnya ketiak hitam meliputi: menjaga berat badan yang sehat,  berbicara dengan dokter tentang beralih ke obat lain yang tidak menyebabkan AN, jika relevan menggunakan busa cukur dan lotion pelembab pada ketiak, mengelola kondisi medis yang dapat berkontribusi pada pengembangan AN.

    Kesimpulan

    AN umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, orang dengan ketiak hitam harus menemui dokter mereka karena kulit yang menggelap mungkin menunjukkan kondisi medis mendasar yang memerlukan perhatian.

    Mengobati kondisi yang mendasarinya sering kali meredakan gejala dan mencerahkan kulit. Jika itu tidak berhasil, atau jika kondisi yang mendasarinya tidak menyebabkan AN, dokter atau dokter kulit dapat merekomendasikan pengobatan, pengobatan, dan terapi di rumah.(dho)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini