• Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Harpic Ajak Masyarakat Kampanye Aksi Toilet Bersih

    31/01/20, 21:14 WIB Last Updated 2020-01-31T14:14:28Z

    Jakarta - Air bersih dan sanitasi merupakan kebutuhan dasar hidup manusia. Namun hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki akses toilet dan sanitasi yang bersih. Hal ini tentu berisiko besar mencemari lingkungan, mempengaruhi kesehatan hingga menyebabkan kematian.

    Untuk mengurangi risikonya, Harpic mengajak masyarakat untuk berkontribusi memberikan akses toilet yang lebih bersih kepada mereka yang membutuhkan, melalui kampanye 'Aksi Toilet Bersih'.

    Kampanye ini dimulai sejak 27 November sampai dengan 30 Desember 2019 dan berlangsung di seluruh Indonesia. kampanye ini dimulai dengan hal yang sederhana, yaitu dengan membeli dua produk Harpic untuk membersihkan toilet rumah melalui e-commerce Shopee dan Lazada. 

    Pembeli berkesempatan untuk menyumbangkan 1 produk Harpic bagi mereka yang membutuhkan akses terhadap toilet bersih. Dari kampanye tersebut, Harpic berhasil mengumpulkan 3.545 produk yang setelahnya akan didonasikan kepada Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa (KOMIDA).

    Marketing Director Reckitt Benckiser Hygiene Home Indonesia, Luis Ramirez mengatakan kampanye ini tidak hanya sekedar membeli dan mendonasikan produk. Namun juga sebagai gerakan peningkatan kesadaran akan pentingnya akses sanitasi layak bagi kesehatan masyarakat. 

    "Dengan ikut serta dalam kampanye ini, masyarakat tak hanya mendapatkan toilet rumah yang 10 kali lebih bersih. Tetapi secara bersamaan berkotribusi untuk memberikan akses terhadap toilet dan sanitasi bersih bagi saudara kita yang membutuhkan," katanya dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (31/1).


    Selama 100 tahun terakhir, Harpic telah dikenal sebagai produk pembersih toilet di banyak negara di dunia. Harpic senantiasa mengedukasi konsumen untuk memiliki kebiasaan membersihkan toilet sehingga toilet rumah menjadi bersih, harum, dan terhindar dari kuman. 

    Salah satu produk unggulannya yaitu varian Power Plus, produk pembersih untuk semua masalah kebersihan toilet. Dalam mengedukasi tentang pentingnya hidup bersih dengan dan memiliki toilet dan sanitasi layak, Harpic menggandeng Water.org, SATO, dan KOMIDA. 

    Direktur Operasional KOMIDA, Sugeng Priyono mengatakan data yang ada, dari 735.957 anggota yang tersebar di 287 kabupaten dan daerah di Indonesia, hanya 551.435 anggota yang memiliki toilet dan septictank. Sedangkan ada 105.821 anggota yang memiliki toilet namun tidak tersambung septictank dan 78.701 anggota yang belum memiliki toilet.

    “Dari data Desember 2019, masih banyak anggota yang tidak mempunyai toilet ataupun sanitasi kurang layak, dan masih banyak perilaku buang air besar sembarangan di jamban samping sungai karena faktor kebiasaan. Jika terus dibiarkan, hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan keluarga dan anak," kata Sugeng. 

    Lanjutnya, salah satu ancamannya yakni penyakit diare yang diakibat dari buang air besar sembarangan. "Oleh karena itu kami sangat bersyukur Harpic turut ambil bagian dalam upaya menyediakan toilet yang lebih bersih bagi masyarakat melalui kampanye Aksi Toilet Bersih ini,” ucapnya. 

    Sementara, Operations Director Water.org Indonesia, Don Johnston mengatakan Indonesia merupakan negara terpadat keempat di dunia dimana hampir 28 juta warganya kekurangan air bersih, dan 71 juta orang tidak memiliki akses ke fasilitas sanitasi yang lebih baik. 

    Menurutnya, bagi jutaan keluarga Indonesia yang berpenghasilan rendah, sambungan atau sumur air baru dan toilet yang lebih baik, tidak dapat dijangkau. Sehingga dibutuhkan bantuan investasi dari berbagai pihak. 

    "Kami dengan senang hati menyambut kerja sama dengan Harpic yang menunjukkan komitmen dan misinya untuk memberikan akses toilet dan air bersih kepada masyarakat yang lebih luas,” pungkasnya.(ika) 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +