-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bebas Narkoba Sejak 2015, Jomblangan Maju ke Tingkat Nasional

    30/08/23, 12:29 WIB Last Updated 2023-08-30T05:29:46Z

    Bantul, Kabar Jogja – Sukses menjadi daerah bebas Narkoba, Dusun Jomblangan, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan ditetapkan sebagai ‘Kampung Tangguh Bebas Narkoba’ oleh Polres Bantul, Rabu (30/8).


    Penetapan ini menjadikan Jomblangan yang berperang sejak 2015 maju ke lomba tingkat nasional kampung bebas narkoba Mabes Polri 2023.


    Kapolres AKBP Michael R. Risakotta menyatakan pemilihan Dusun Jomblangan sebagai ‘Kampung Tangguh Bebas Narkoba’ Bantul karena masyarakatnya bersama aparat desa dibantu tim Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bantul aktif melawan peredaran serta pemakaian narkoba.


    “Sat Narkoba Polres Bantul menyatakan penangkapan terakhir pemakai Narkoba di Jomblangan terjadi di 2015 silam. Itupun tidak di dalam kampung, tapi di pinggir Jalan Wonosari,” kata AKBP Michael.


    Bergerak bersama sejak 2018, Dusun Jomblangan berhasil membuktikan predikat kampung bebas narkoba tidak hanya slogan semata saja. Banyak dilakukan sosialisasi dan pengetahuan terkait dengan bahaya narkoba.


    “Saya berharap langkah pencegahan terus dilakukan. Jangan berhenti saat ada perlombaan saja. Kami telah mendirikan pos bersama yang bisa digunakan untuk berkonsultasi dengan jajaran terkait apapun tentang Narkoba,” lanjutnya.


    Sebagai pengingat dampak mematikan Narkoba, selama peresmian Kapolres meminta diadakan lomba mewarnai yang diikuti 30 siswa PAUD dan TK di Dusun Jomblangan.


    “Kehadiran anak-anak ini saya inginkan menjadi motivasi bagi kita tentang masa depan generasi penerus. Jangan sampai tidak peduli dengan mereka, sehingga terjerumus dalam penggunaan narkoba. Kelucuan mereka akan digantikan hilangnya fungsi otak akibat menggunakan narkoba,” tegas AKBP Michael.


    Kepala Desa Banguntapan, Basirudin mengatakan dengan ditetapkannya Dusun Jomblangan sebagai kampung bebas narkoba sejak 2018. Predikat ini menjadi seperti pagar yang melindungi wilayah ini pengedar maupun pengguna narkoba.


    “Jomblangan adalah daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah kota dan padat penduduk. Kami bersama warga terus diingatkan untuk menjadikan wilayah ini bebas narkoba demi generasi kedepan,” jelasnya.


    Kepala BNNK Bantul, Arfin Munajah menyatakan Dusun Jomblangan sendiri sebenarnya sudah menjadi Kampung Bersih Narkoba (Bersinar) bersama dengan tujuh kampung lainnya di Bantul. Wilayah yang berpredikat Bersinar oleh BNN ini tersebar di Kecamatan Sewon, Kasihan, dan Banguntapan yang berbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta.


    “Bersama dengan kampung lainnya, Dusun Jomblangan akan menjadi acuan dan panutan bagi kampung-kampung lainnya dalam melawan peredaran narkoba,” katanya.  


    Arfin menyatakan setahun terakhir, memang peredaran Narkoba di Bantul minim terjadi. Kebanyakan adalah peredaran obat-obatan keras atau psikotropika. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close