-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Belanja Pegawai Hanya 38 Persen, SPBE Bantul Terbaik

    24/03/23, 13:33 WIB Last Updated 2023-03-24T06:33:18Z

    Bantul, Kabar Jogja – Dalam ajang Digital Government Award-SPBE Summit 2023, Pemkab Bantul dinobatkan sebagai peraih indeks tertinggi dalam pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Penghargaan ini wujud nyata upaya Bantul dalam melakukan efisiensi dalam penyelenggaran keuangan daerah.


    Diterima langsung dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Azwar Anas, awal pekan lalu.


    Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan penghargaan ini menjadi keseriusan jajarannya dalam mengikuti reformasi birokrasi dan akhirnya memberikan dampak yang efisien nyata.


    “Dalam penyusunan sistem SPBE tahun ini, saya menekankan pentingnya mengikuti reformasi birokrasi. Artinya harus efisien dan memiliki dampak nyata. Birokrasi berdampak yang efisien juga berkaitan dengan penyelenggaraan keuangan daerah,” kata Halim dalam rilis yang disebar Jumat (24/3).


    Halim mengatakan sesuai dengan arahan dari Menpan RB Azwar Anas, Bantul sangat serius menggarap proses mewujudkan sistem birokrasi berdampak yang efisien ini.


    Ini juga dimaksudkan menyambut pelaksanaan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dimana dinyatakan ditargetkan tahun 2027 nanti belanja pegawai maksimal hanya 30 persen. Sementara masih banyak daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50 persen.


    “Bantul tahun ini sudah lumayan. Belanja pegawai kita menyentuh 38 persen, tinggal menghilangkan yang 8 persen itu. Itu kenapa rekrutmen pegawai negeri semakin kecil, termasuk PHL,” ujarnya.


    Selain penghargaan Digital Government Award-SPBE Summit 2023, Bantul juga masuk dalam 100 kabupaten dan kota di Indonesia sebagai kota pintar atau Smart City.

     

    Halim menyampaikan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang selama ini memberikan bantuan dan kerja sama meningkatkan Bantul sebagai Smart City.


    “Upaya ini untuk mewujudkan kehidupan yang lebih mensejahterakan dan Bantul lebih maju,” katanya.


    Kepala Diskominfo Bantul, Bobot Ariffiaidin menyatakan penghargaan Digital Government Award-SPBE Summit 2023 merupakan capaian nilai indeks SPBE 2021 lalu. Adapun angkanya 3,62.


    “Kategori pencapaian indeks SPBE tertinggi,” katanya.


    Lebih lanjut Bobot mengatakan capaian tersebut tidak lepas dari hasil kerja sama yang dilakukan sejumlah OPD dalam menyelenggarakan pemerintahan menggunakan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) dalam memberikan pelayanan pemerintahan dan masyarakat. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close