-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Inginkan Pengelolaan Sampah Lebih Baik, Acer Berikan Laptop Ke Bank Sampah di Sleman

    08/12/22, 17:16 WIB Last Updated 2022-12-08T23:13:03Z

    Sleman, Kabar Jogja – Bank Sampah Tamanmartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan bantuan beberapa unit laptop Acer Aspire 5 dari Acer Indonesia, Kamis (8/12). Bantuan ini sebagai dukungan Acer Indonesia pada efektifitas usaha pengelolaan sampah domestik.


    Bantuan yang langsung diberikan Head of HRGA Acer Indonesia Monica Sutanto Pribadi diterima Lurah Tamanmartani Gandang Harjanata.


    “Bank Sampah Tamanmartani sudah terbukti sebagai organisasi yang giat melakukan edukasi serta pengelolaan sampah rumah tangga atau sampah domestik, yang menjadi persoalan lingkungan,” jelas Monica.


    Terkhususnya lagi, dengan status wilayah Sleman yang memiliki jumlah penduduk terpadat di DIY, sebanyak 1,13 juta jiwa atau 30,69 persen dari total penduduk. Sleman dan masyarakatnya memiliki permasalahan peningkatan jumlah volume sampah yang dibuang berbagai Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPST).


    Adanya bantuan ini diharapkan semakin mempermudah para anggota bank sampah melayani para anggotanya secara lebih cepat dan akurat. Dengan begitu akan membantu pengelolaan sampah domestik menjadi lebih baik di daerahnya. 


    “Bantuan laptop Acer Aspire 5 akan semakin memudahkan pelayanan petugas dalam mengadministrasikan pencatatan aktivitas para anggotanya,” lanjut Monica.


    Pengelola bank sampah bisa memanfaatkan laptop Acer untuk kebutuhan pengelolaan sistematis bank sampah yang dapat memudahkan pencatatan buku tabungan anggota, buku daftar anggota, buku induk besar keuangan bank sampah, buku rekap penyetoran anggota, arsip dokumentasi, dan pendataan lainnya.


    Lebih jauh Ia menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi, Acer berkontribusi dalam upaya perwujudan antara pembangunan ekonomi, sosial, dan juga lingkungan. Acer akan terus berkomitmen mendukung usaha semua pihak dalam menjaga lingkungan.


    “Dukungan laptop Acer merupakan bentuk inisiatif sosial Acer dalam rangka membantu efektivitas pengelolaan administrasi Bank Sampah Tamanmartani agar lebih efisien sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada jaringan anggotanya,” ungkapnya.


    Program dukungan kepada aktivitas lingkungan yang berdampak positif bagi masyarakat oleh Acer ini mengacu pada data Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


    Di mana angka nasional  menunjukkan, jumlah sampah di Indonesia pada 2021 mencapai 21,88 juta ton. Meski mengalami penurunan signifikan hingga 33 persen dari tahun sebelumnya, namun kontribusi sampah rumah tangga tercatat mencapai lebih dari 42 persen, jauh lebih besar dibanding sampah yang dihasilkan perniagaan, pasar, perkantoran, fasilitas publik, dan yang lainnya.


    Kepala Unit Bank Sampah Tamanmartani Hendri Tri Wibowo berterima kepada Acer yang telah memberikan dukungan perangkat teknologi laptop Acer.


    “Dengan menggunakan laptop Acer ini, kegiatan kami semakin terbantu, khususnya dalam melakukan pencatatan manual menjadi elektronik untuk setiap aktivitas Bank Sampah Tamanmartani,” katanya.


    Hendri meyakini dukungan ini dapat membentuk Bank Sampah Tamanmartani sebagai bank sampah pusat dan mengaktifkan kembali 8 pengelola sampah mandiri untuk diubah menjadi 8 cabang bank sampah. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close