-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Warga Shiddiqiyyah di Gunungkidul Gelar Upacara Hari Berdirinya NKRI

    19/08/22, 10:44 WIB Last Updated 2022-08-19T03:45:19Z

    Gunungkidul, Kabar Jogja - Warga Shiddiqiyyah yang berada di Kabupaten Gunungkidul mengger upacara bendera sebagai wujud mensyukuri nikmat Hari Berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 


    Upacara pengibaran bendera merah putih diiringi dengan lagu Indonesia Raya 3 stanza ini digelar di Padukuhan Purwosari, Kalurahan Baleharjo, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul, Kamis (18/8). 


    17 Agutus 1945 merupakan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ditandai dengan pembacaan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. 


    Sementara 18 Agustus 1945 adalah Hari berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ditandai pengangkatan Soekarno-Hatta sebagai presiden dan wakil presiden serta penetapan UUD 1945.


    Ketua DPD Organisasi Shiddiqiyyah ORSHID Gunungkidul Edy Sumantoro mengatakan, upacara bendera menysukuri nikmat Hari Berdirinya NKRI ini pertama kali digelar di Kabupaten Gunungkidul. 


    Upacara peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia sudah menjadi tradisi tiap tahun digelar. Namun, belum sekalipun ada peringatan hari berdirinya NKRI di Gunungkidul meski sudah 77 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri. 


    “Dua peristiwa bersejarah ini saling berkaitan, proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945 yang diikuti berdirinya NKRI pada keesokan harinya 18 Agustus 1945. Sehingga kami (warga Shiddiqiyyah) menggelar 2 kali upacara memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia 17 Agustus dan Hari Berdirinya NKRI 18 Agustus,” katanya.


    Edy mengungkapkan dalam pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza ciptaan W.R Soepratman merupakan salah satu Langkah Siddiqiyyah untuk mengembalikan jati diri bangsa. 


    Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza dan menghayati syairnya akan timbul rasa cinta dan bangga menjadi bangsa Indonesia.


    “Mengumandangkan Indonesia Raya 3 stanza dan memberi hormat sang merah putih akan merasakan betapa beratnya para pejuang merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia. Dengan ini kita tidak akan lengah menyia-nyiakan hasil perjuangan para pahlawan,” ujarnya.


    Sementara, Ketua DPD Organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia PCTA DIY, Pendeta Pradah Kalbudi berharap dengan digelarnya dua upacara dalam menysukuri nikmat dua peristiwa bersejarah ini, dapat lebih paham hal yang mendasar. 


    “Yakni perbedaan antara bangsa dan bentuk negara, bahwa yang dijajah dan menyatakan kemerdekaan itu Bangsa Indonesia sementara Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak pernah dijajah,” paparnya.


    Pada akhir upacara juga menyanyikan Trilawanaska (tiga lagu wajib Nasional Karomah) Indonesia Raya, Hari Merdekan dan Syukur, kemudian pembacaan Sumpah Jati Diri Bangsa. 


    Upacara yang digelar dua kali pada 17 Agustus dan 18 Agustus 2022 ini diikitu oleh masyarakat setempat serta seluruh warga Shiddiqiyah dan organisasi Siddiqiyah antara lain, DPD PCTA INDONESIA DIY, DPD ORSHID Gunungkidul, YPS ORSHID Gunungkidul, DHIBRA Perwakilan Daerah Gunungkidul, JKPHS CABANG Gunungkidul DAN DPD OPSHID FKYME Gunungkidul. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close