-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    BPIP Bangun Ekosistem Pembumian Ideologi Pancasila di Bangka Belitung

    28/07/22, 09:35 WIB Last Updated 2022-07-28T02:35:14Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasilia (BPIP) Yudian Wahyudi resmi mengakhiri agenda kunjungan kerjanya ke Provinsi Bangsa Belitung Rabu (27/7) kemarin. 

    Tiba sejak Senin (25/7), Yudian berkeliling dan bertemu dengan banyak pihak untuk mewujudkan pembangunan ekosistem Pembumian Ideologi Pancasila di provinsi ini.

    Dalam siaran presnya, pada Senin lalu Yudian Wahyudi memberikan motivasi kepada ratusan santri dan santriwati Ponpes Hidayatussalikin. Agenda kemudian dilanjutkan dengan bertemu Pemerintah Daerah, Universitas Bangka Belitung, IAIN SAIS, dan komunitas masyarakat lainnya. 

    “Sudah saatnya Negara ini membuktikan bahwa Pancasila bukan sekedar lips service dan verbatim yang berhenti dalam jargon tanpa pembatinan dan pembumian lebih lanjut,” kata Yudian, Kamis (28/7). 

    Dihadapan para santri, Yudian menegaskan nilai-nilai Pancasila penting untuk dipahami, terlebih sebagai generasi muslim Indonesi guna terus menumbuhkan rasa cinta tanah air dan Pancasilais. Ini salah satu implementasi ketakwaan kepada Allah SWT.

    Memakmurkan tanah air dalam ajaran agaram adalah agar umat muslim Indonesia harus giat belajar, bekerja, menguasai ilmu pengetahuan dunia agar bisa menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing. 

    Umat muslim juga harusnya menjadi orang-orang yang religius dan nasionalis, jadi tidak boleh melawan negara.

    “Proklamasi 17 Agustus 1945 membuktikan 57 kerajaan yang terpisah-pisah sepakat menyatukan diri menjadi NKRI. NKRI sebagai negara yang besar menuntut umat muslim warga negara Indonesia tekun belajar, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar dapat mengeksplorasi dan mengembangkan kekayaan alam untuk kebesaran Indonesia di mata dunia,” ucap Kepala BPIP.

    Kunjungan ke Ponpes Hidayatussalikin adalah yang pertama bagi Yudian. Baginya, ini menjadi sebuah kebanggaan menyaksikan para santri berbakti kepada negara dengan cara belajar dan mengaji secara sungguh-sungguh sehingga nantinya generasi ini akan menjadi generasi yang mampu menjaga dan merawat kemerdekaan bangsa Indonesia. 

    Dalam kesempatan yang sama, Pengasuh Ponpes Hidayatussalikin KH. Ahmad Jafar Shidiq  mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta bantuan yang diberikan BPIP kepada Ponpes Hidayatussalikin. Ia menekankan Ponpes Hidayatussalikin merupakan Ponpes yang menjunjung tinggi falsafah dan ideologi negara yaitu Pancasila. Oleh karena itu selain dididik ilmu agama para santri juga diberikan ilmu-ilmu lainnya. 

    "Santri kami tidak hanya dididik dengan ilmu agama tetapi pemahaman bagaimana mencintai Tanah Air karena Mbah Hasyim mengatakan Hubbul Wathan Minal Iman. Mudah-mudahan kunjungan Bapak mampu memberi spirit bagi santri untuk lebih mencintai tanah airnya dengan mengamalkan ilmu-ilmu yang didapatkan di Ponpes Hidayatussalikin ini", ucapnya saat memberikan sambutan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close