-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menjelang Lebaran, Ketersediaan Sembako di Sleman Dipastikan Aman

    12/04/22, 20:15 WIB Last Updated 2022-04-12T13:15:45Z

    Sleman, Kabar Jogja - Guna memastikan persediaan sembako menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H telah mencukupi, Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sleman melakukan peninjauan ke sejumlah tempat. 


    Peninjauan yang dipimpin oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo ini dilakukan di dua tempat, yakni di Pasar Pakem dan di distributor sembako Arista yang ada di jalan Kaliurang Km 7, Selasa (12/4).

    Dari hasil pantauan tersebut, Kustini menyebut bahwa persediaan sembako di Kabupaten Sleman hingga lebaran Idul Fitri nanti dalam kondisi aman. 


    Misalnya, minyak goreng yang sempat mengalami kelangkaan beberapa waktu lalu, saat ini juga sudah berangsur normal. Ada sebanyak 140 ton minyak goreng curah yang tersebar di seluruh pasar tradisional di Kabupaten Sleman. 


    “Di Arsita ini ada 30 ton untuk hari ini, besok datang lagi 7 ton. Setiap hari di sini bisa menghabiskan 10 ton. Tapi untuk pembelian dibatasi maksimal 2 jurigen setiap orang” ujarnya.


    Kustini juga mengimbau masyarakat untuk membeli sembako secukupnya saja, dan tidak melakukan panic buying. 


    Ia juga mengatakan jika ada kekurangan persediaan sembako agar melaporkannya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman.


    Sementara Budiharjo dari TPID Kabupaten Sleman mengatakan selain untuk memastikan ketersediaan sembako, pantauan ini juga untuk memastikan keterjangkauan harga sembako oleh masyarakat. 


    Menurutnya harga komoditas saat ini masih relatif terjangkau, sesuai dengan acuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.


    “Bahkan beberapa komoditas yang sebelumnya mengalami kenaikan harga, sekarang sudah turun,” ujarnya.


    Dari pantauan di Pasar Pakem, sejumlah komoditas mengalami penurunan harga, seperti harga minyak curah turun 250 rupiah, telur turun 688 rupiah, cabai merah kriting turun 4.000 rupiah, cabai rawit merah 4.125 rupiah, dan bawang merah turun 2.375 rupiah. 


    Sedangkan komoditas yang terpantau mengalami kenaikan harga adalah bawang putih naik 1.625 rupiah, cabai rawit hijau naik 13.125 rupiah, dan daging sapi naik 1.875 rupiah.


    Sementara di distributor Arista minyak goreng kemasan dalam kondisi aman, sedangkan pasokan untuk minyak goreng curah mencukupi namun terbatas.

    Untuk harga gandum terpantau naik namun pasokan mencukupi. Adapun harga gula masih stabil di angka 12.800 rupiah/kg serta pasokannya lancar. (rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close