-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tetra Pak Buka Booth Edukasi di Taman Pintar

    12/12/20, 13:27 WIB Last Updated 2020-12-12T06:27:56Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja- Tetra Pak Indonesia membukaan booth edukasi interaktifnya di Taman Pintar, sebuah kawasan dan tujuan rekreasi utama yang terletak di kota Yogyakarta pada Kamis (10/12).

    Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyatakan, pihaknya menghargai Tetra Pak atas kontribusi dan upayanya dalam mengatasi masalah pengelolaan sampah dan daur ulang di Yogyakarta dan di daerah lain di Indonesia. Instalasi baru ini sejalan dengan upaya kampanye dan daur ulang di Kota Yogyakarta.

    “Pengelolaan sampah yang tepat dan pengembangan ekonomi sirkuler tidak hanya membantu melestarikan planet ini tetapi juga berpotensi untuk menciptakan lapangan kerja dan membuka peluang bagi masyarakat. Kami mendorong warga Yogyakarta untuk mengunjungi booth ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemilahan sampah dan daur ulang kemasan karton bekas minum,” katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip Sabtu (12/12).

    Berdasarkan studi yang dilakukan di lima kota besar di Indonesia, hampir separuh masyarakat setempat mulai memilah sampahnya di rumah. Di antara mereka yang telah memilah sampah, 77,6\ persen sudah mulai memisahkan sampahnya menjadi dua kategori, basah dan kering1. Meskipun persentase ini tinggi, guna memastikan efisiensi daur ulang, masih ada kebutuhan untuk mengedukasi konsumen untuk memisahkan jenis sampah lebih dari dua kategori ini.

    Sustainability Manager Tetra Pak Indonesia, Reza Andreanto mengatakan, pihaknya akan terus mengedukasi dan menginformasikan kepada konsumen tentang pentingnya memilah sampah ke dalam kategori lain, seperti kemasan karton bekas minum (UBC).

    Menurutnya, dengan berbagi lebih banyak tentang apa yang membuat karton Tetra Pak dan kemampuan daur ulangnya, konsumen bisa mendapatkan informasi yang lebih baik. Lebih dari 70% karton Tetra Pak terbuat dari kertas karton dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab dan sumber terkontrol lainnya.  

    “Artinya bisa didaur ulang dan dijadikan berbagai produk seperti kertas daur ulang, lembaran atap dan furnitur yang terbuat dari PolyAl, ”ujar Reza Andreanto.

    Andreanto mengatakan, Indonesia adalah salah satu negara penghasil kertas terbesar di ASEAN dan negara ini mengimpor sekitar 4,5 juta ton limbah kertas untuk dijadikan bahan baku industri penghasil kertas. Hal ini merupakan sebuah bukti bahwa kemasan karton bekas minum memiliki potensi yang sangat besar.

    Kepala Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana menekankan pentingnya edukasi pengelolaan sampah. Menurutnya, Tetra Pak telah menciptakan pengalaman interaktif yang menyenangkan tentang keberlanjutan dan pengelolaan sampah.

    “Dengan rata-rata satu juta pengunjung per tahun, manajemen Taman Pintar percaya bahwa booth edukasi ini akan membantu memperkuat upaya edukasi pengelolaan sampah dan akan berdampak positif bagi masyarakat kami di Yogyakarta dan di Indonesia ", ucapnya.(rls/kj)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close