-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gembira Loka Tak Akan Tergesa Buka Kunjungan Wisata

    17/06/20, 13:31 WIB Last Updated 2020-06-17T06:31:29Z

    Yogyakarta – Menjelang new normal atau tatanan normal baru, Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta tampak sedang  mematangkan protokol kesehatan di kawasan kebun binatang itu.  Sehingga saat buka kembali nantinya pengunjung dan karyawan GL Zoo akan merasa aman dan nyaman dari wabah Covid-19.

    Direktur Utama GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo (Joko)  menjelaskan saat ini manajemen GL Zoo tengah menyusun  Standar Operasional  Prosedur (SOP) terakhir. Sehingga  nantinya ketika Pemprov DIY menerapkan sistem new normal, maka GL Zoo sudah siap buka kembali melayani pengunjung. “Kami akan hati-hati, tidak tergesa-gesa buka. Kami tidak akan latah untuk segera buka,”  kata  Joko, Selasa (16/6).

    Obwis GL Zoo ini tutup  sementara bagi pengunjung gegara korona, sejak 22 Maret lalu. Penutupan  diperpanjang hingga akhir Juni ini. Joko mengatakan, kalaupun  pemerintah akan menerapkan sistem new normal, manajemen GL Zoo tidak akan menganggap enteng dengan asal buka.  “Kami akan menerapakan  disiplin protokol dalam menghadapi pandemi ini,” jelas dia.

    Menurut dia, selain pengunjung harus jaga jarak, cuci tangan dengan hand sanitizer dan pakai masker. Mereka ketika akan masuk di kawasan GL Zoo juga akan dibagikan kaos tangan dari plastik  agar tidak sering pegang  permukaan benda yang kemungkian tercemar virus. “Kaos tangan ini hanya sebagai pengingat agar pengunjung tidak  sering menyentuh permukaan benda,” harap Joko.   

    Manajemen GL Zoo juga akan membatasi jumlah wisatawan. Pada awal-awal buka, maksimal hanya dibolehkan 2.500 pengunjung. Di fase pertama itu tidak semua wahana akan dibuka, seperti ruangan tertutup yang biasa untuk  tontonan  ikan hias di ruang akuarium,  belum akan dibuka. Juga wahana gajah tunggang dan unta tunggang juga belum akan dibuka untuk mengurangi sentuhan.  Selain itu,  pertunjukan Presentasi Edukasi  Satwa (PES) Aves dan pentas PES Mamalia juga belum akan digelar untuk menghindari kerumunan pengunjung.

    Untuk mengantisipasi tidak terjadinya saling berdesakan penumpang wahana kapal katamaran dan transport keliling (Taring) yang dioperasikan nantinya, sejumlah kursi wahana tersebut dikurangi.

    Manager Marketing GL Zoo, Yosi Hermawan menambahkan persiapan yang tengah dilakukan menyambut new normal adalah penambahan fasilitas wastafel, pembuatan jalur baru bagi pengunjung dan perlengkapan serta penambahan fasilitas pendukung pencegahan Covid-19.(dho/rls)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close