-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    DPD RI dari DIY Dorong Keselarasan Data Penerima Bantuan

    12/06/20, 19:04 WIB Last Updated 2020-06-12T12:04:03Z


    Yogyakarta – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendesak agar ada sinkronisasi data antar instansi terkait di Yogyakarta. Terutama mengenai data penerima bantuan, supaya dalam penyalurannya tidak tersendat.

    Anggota DPD RI dari DIY, Gusti Kanjeng ratu (GKR) Hemas mengatakan keselarasan data ini sangat dibutuhkan agar di tingkat pemerintah desa dalam penyaluran bantuan kepada penerima bisa lebih cepat.  

    “DPD RI mendorong peningkatan koordinasi, keharmonisan dan sinkronisasi antar instansi terkait di DIY dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 beserta dampaknya. Terutama keselarasan data sehingga bantuan dapat tersalurkan secara cepat,” kata dia dalam rapat secara virtual bersama anggota DPD RI dari DIY lainnya dan Pemda DIY serta kabupaten maupun kota pada Jumat (12/6).

    Senator dari DIY lainnya, Cholid Mahmud mengatakan secara umum di DIY sudah melakukan penyaluran anggaran Dana Desa (DD) untuk jaminan sosial secara baik dan tepat waktu. Hanya dari catatannya adalah mengenai permasalahan data.

    “Tentang problem data, dirasakan betul oleh pemerintah desa. Karena tumpang tindih data bantuan sosial dari APBN yang datangnya tidak sekaligus. Jadi desa harus musdes (musyawarah desa) beberapa kali, ini tidak efektif,” ucapnya.

    Selain itu, Cholid mengatakan pemerintah desa juga mengeluhkan kesulitan keuangan ketika kembali menyalurkan bantuan sosial yang diambil dari anggaran dana desa. Sebab mereka juga anggaran tersebut sebelumnya telah direncanakan untuk sektor lainnya seperti penanganan stunting dan lainnya. “Dikhawatirkan tidak dapat dianggarkan dengan baik. Mereka mengeluhkan solusinya bagaimana,” ucapnya.(rid/eks)  

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +