News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Arsitektur UII Raih Akreditasi Internasional Level Tertinggi

Arsitektur UII Raih Akreditasi Internasional Level Tertinggi



Kabar Jogja - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan arsitektur setara dengan negara-negara maju, Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia (UII) sekali lagi membuktikan pencapaian yang membanggakan. Setelah mendapatkan Akreditasi Internasional Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) selama tiga tahun dari 2017-2020, Arsitektur UII melalui skema program Pendidikan Arsitektur lima tahun (4+1) tahun kali ini mendapatkan status akreditasi penuh enam tahun untuk periode 2020-2026 melalui KAAB di bawah Canberra Accord.

Ketua Jurusan Arsitektur UII Noor Cholis Idham mengatajan ini merupakan sebuah pencapaian level akreditasi internasional tertinggi. Canberra Accord adalah deklarasi kesetaraan global pada pendidikan professional arsitektur (substantial equivalency of professional degreesin architecture) yang diratifikasi oleh berbagai negara seperti Amerika (NAAB), Australia (RAIA), Kanada (CACB-CCCA), Tiongkok (NBAA), Korea Selatan (KAAB), Meksiko (COMAEA), dan Commonwealth Association atau Persemakmuran Inggris Raya (CAA).

“Canberra Accord ini juga diakui oleh Perserikatan Arsitek Dunia (UIA) dan UNESCO dibawah Charter for Architectural Education. Dengan demikian,institusi yang mendapatkan akreditasi oleh salah satu lembaga di atas secara otomatis akan diakui secara global,” katanya Kamis (6/2).

Noor Cholis mengatakan untuk dapat memenuhi kesetaraan ini, maka Pendidikan Arsitektur lima tahun dengan pemenuhan kualitas tinggi dan penyediaan fasilitas bermutu adalah syarat utama. Jurusan Arsitektur UII telah memenuhi persyaratan itu dengan membuka skema pendidikan 4+1 dengan pelaksanaan Program Profesi Arsitek (PPAr) di tahun kelima sejak 2014.

“Program Profesi Arsitek menyempurnakan program Sarjana Arsitektur dalam melahirkan para Arsitek dimana sejak 1987 yang telah berkali mendapatkan akreditasi tertinggi A dari DIKTI sejak 2003,” ucapnya.

Untuk menunjang kualitas pendidikan, beberapa fasilitas berstandar global yang dimiliki Arsitektur UII, antara lain Studio 24 jam, Perpustakaan 7 hari dalam seminggu dengan lebih dari 7.500 koleksi arsitektural cetak dan ribuan on-line berlangganan, studio dikonsultan arsitek professional, International Program, international exchange, dan sebagainya. Dengan skema ini, mahasiswa UII mendapatkan akses yang luas untuk menjadi arsitek professional dengan kualitas internasional.

Arsitektur UII kini juga tengah bersiap untuk selalu meningkatkan kualitas dengan menyiapkan kurikulum terbaru sesuai era disrupsi 4.0. Proses pembelajaran terkini dengan memanfaatkan teknologi IT  sesuai dengan karakter generasi milleneal juga tengah disiapkan. Pembelajaran yang efektif namun menyenangkan adalah tujuan utama dari pembelajaran di Arsitektur UII.(Cit)


Tags

Newsletter Signup

Post a comment