-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Grab Kerja Sama dengan Pemda DIY, Komitmen Kembangkan Provinsi Cerdas

    13/12/19, 21:25 WIB Last Updated 2019-12-13T14:25:50Z

    Yogyakarta, KabarJogja.ID – Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, menjalin kerja sama strategis dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam program “Co-creation for a Smarter Province”. Program ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan Provinsi Cerdas berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menghadirkan solusi guna meningkatkan pelayanan publik serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan. 

    Di saat yang bersamaan, Grab juga menandatangani kerja sama dengan Bank BPD DIY berupa pemberian layanan dan kemudahan akses perbankan serta produk-produk Bank BPD DIY kepada mitra pengemudi Grab di DIY serta peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Yogyakarta.

    Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia mengatakan selaras dengan misi 2025 ‘Grab for Good’, Grab ingin turut serta dalam pengembangan daerah di Indonesia dan menggunakan teknologi untuk menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat. 

    "Melalui kerja sama dengan Pemerintah DIY, teknologi smart city akan membantu meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari mobilitas, efisiensi pelaksanaan tugas, sampai dampak sosial berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya Jumat (13/12).

    Kerja sama Grab dengan Pemerintah DIY meliputi bidang kesehatan, komunikasi dan informatika, perhubungan, pariwisata, pendidikan, pemuda, dan olahraga, kebudayaan, serta usaha kecil menengah. Program “Co-creation for a Smarter Province” yang diinisiasi oleh Grab dan Pemerintah DIY meliputi Integrated Mobility Co-creation, yakni pemanfaatan teknologi dan layanan aplikasi guna memperluas layanan transportasi dan untuk memudahkan mobilitas masyarakat DIY. 

    Selanjutnya, Sustainable Economy Co-Creation yang memanfaatkan teknologi dan layanan aplikasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di DIY. Efficiency Co-Creation yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi operasional pelaksanaan tugas ASN dan memudahkan pelayanan publik kepada masyarakat. 

    Social Impact Co-Creation, yakni upaya bersama yang berdampak sosial bagi masyarakat, terutama di bidang kesehatan dan pendidikan, serta Cultural and Tourism Co-Creation untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas budaya dan kemajuan sektor pariwisata di DIY dan sekitarnya.

    Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur DIY memaparkan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Grab untuk mendukung pengembangan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

    "Melalui kerja sama ini, kami berharap bisa lebih baik dalam menyambut perubahan zaman dan meningkatkan level kompetensi menuju dimulainya era ekonomi digital. Harapan saya, program “Co-creation for a Smarter Province” ​ini menjadi permulaan bagi DIY yang memiliki akses mobilitas lebih baik, pelayanan publik lebih mudah, serta peningkatan kesadaran terhadap budaya serta pariwisata. Kami berharap program ini menjadi suatu yang berkelanjutan sehingga terus memberikan manfaat positif bagi masyarakat," ucapnya.

    Sementara itu, kerja sama yang dijalankan Grab dengan Bank BPD DIY adalah berupa pemberian layanan dan kemudahan akses perbankan serta produk-produk Bank BPD DIY kepada para mitra pengemudi Grab di DIY dan sekitarnya serta peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Yogyakarta.

    Upaya ini sejalan dengan misi 2025 ‘Grab for Good’ yang ingin memastikan semua orang, apapun latar belakang dan kondisinya, bisa memperoleh manfaat dari era ekonomi digital atau disebut juga sebagai Revolusi Industri 4.0. Dalam hal ini, Grab ingin meningkatkan inklusi keuangan dan literasi digital serta memberikan kemudahan akses perbankan bagi para mitra pengemudi Grab khususnya serta masyarakat di DIY pada umumnya. 

    Selain itu, melalui kerja sama ini, Grab juga ingin meningkatkan keterampilan dan menyediakan kesempatan lebih banyak bagi masyarakat Yogyakarta dalam menyambut masa depan ekonomi digital.(arm)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close