-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bertambah Usia, RSUD Panembahan Bantul Dituntut Terus Berinovasi

    28/03/24, 15:13 WIB Last Updated 2024-03-28T08:13:29Z

    Bantul, Kabar Jogja - Pemkab Bantul mengapresiasi tradisi inovasi yang dilakukan jajaran RSUD Panembahan Senopati di setiap peringatan hari ulang tahunnya.


    Di usianya ke-21, RSUD Panembahan meluncurkan dua unit fasilitas pelayanan kesehatan pada penyempitan maupun pelebaran pembuluh darah dan unit bedah syaraf.


    “Ruang Catheterization Laboratory (Cath-Lab) atau ruang kateterisasi jantung dan angiografi adalah unit pelayanan medis untuk pemeriksaan maupun tindakan medis pada pembuluh darah arteri,” kata Direktur RSUD Panembahan, Atthobari, Kamis (28/3).


    Cath-Lab nantinya akan melayani pasien-pasien yang mengalami gangguan pembuluh darah otak maupun tulang belakang.

    Pelayanan neurointervensi ini dipersembahkan sebagai tindak lanjut ditetapkannya RSUD Panembahan sebagai RS Jejaring Pengampun Pelayanan Kesehatan oleh Kementerian Kesehatan pada 2022 lalu.


    Sedangkan unit pelayanan bedah syaraf yang turun diresmikan, menurut Atthobari didasarkan pada tingginya angka kematian korban kecelakaan akibat tidak tertanganinya cedera kepala berat.


    “Dari Juli sampai November tahun lalu, kami menangani kasus perdarahan otak baik traumatic maupun non traumatik sebanyak 131. Kemudian kasus stroke baik pendarahan maupun non pendarahan menempati 10 besar penyakit rawat jalan,” lanjutnya.


    Saat memimpin Apel Akbar HUT RSUD Panembahan Senopati Ke-21, Atthobari  menyatakan kehadiran kedua unit layanan ini sebagai komitmen pihaknya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.


    “Untuk meraih pelayanan prima kepada masyarakat harus sesuai dengan nilai-nilai yakni jujur, rendah hati, kerjasama, professional, dan inovasi,” kata Atthobari.


    Sekretaris Pemkab Bantul, Agus Budi Raharja, mengapresiasi jajaran RSUD Panembahan yang terus konsisten berinovasi setiap di peringatan ulang tahunnya  sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan.


    “Kedepan nantinya kebutuhan masyarakat untuk terapi pada kasus-kasus tersumbatnya pembuluh darah itu bisa semakin cepat tertangani dan cepat pulih,” kata Agus.


    Tantangan kedepan, Agus menyatakan bagaimana nantinya pasien di kedua unit layanan ini dapat tercover BPJS Kesehatan sehingga bisa dinikmati masyarakat luas. 


    Pada ulang tahunya ke-20 tahun lalu, RSUD Panembahan berinovasi dengan menghadirkan Homecare (perawatan rumah), Sport Injury Center (Pusat Cedera Olahraga), ICCU ( Intensive Cardiac Care Unit) atau Unit Rawat Intensif Jantung, Klinik Forensik dan Medikolegal, Pengembangan paket-paket medical check up(MCU), serta Pelayanan ESWT ( Extracorporeal Shockwave Theraphy), yang merupakan  layanan terapi dengan gelombang kejut. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close