-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Generasi Muda Indonesia Mesti Pahami Ideologi Pancasila dan Nasionalisme

    29/10/23, 21:50 WIB Last Updated 2023-10-29T14:50:12Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, Eko Suwanto menegaskan pentingnya generasi muda, pelajar dan mahasiswa memahami ideologi Pancasila.


    Lewat pengalaman langsung berinteraksi dengan wakil rakyat, generasi muda belajar praktek demokrasi secara langsung.


    “Generasi masa depan Indonesia penting memiliki pemahaman ideologi Pancasila dalam kehidupan kebangsaan. Sikap itu akan terus menggelorakan semangat cinta tanah air, punya sikap patriot dan memiliki kesadaran kebangsaan ber-Bhinneka Tunggal Ika,” kata Eko dalam rilis Minggu (29/10).


    Pandangan ini disampaikan Eko saat dirinya menemui rombongan SMPN 16 Kota Yogyakarta para Jumat (27/10). Kegiatan ini menjadi agenda rutin dari SMPN 16 Kota Yogyakarta untuk mengajak siswa mengenal dan terlibat langsung langsung dengan aktivitas wakil rakyat.


    Lebih jauh Eko melihat, generasi penerus bangsa Indonesia, secara khusus harus diberikan mengenai pemahaman dan pembelajaran profil pelajar Pancasila. Lewat proses belajar dengan cara kunjungan dan dialog bersama legislatif atau wakil rakyat diharapkan bisa berikan pemahaman bagaimana berdemokrasi dijalankan sesuai Pancasila dan UUD 1945.


    "Proses belajar itu bisa dengan to see, to know, to understand and to be atau dengan melihat, memahami, mengerti dan menjalankan atau mengalami langsung," terang Eko.


    Dirinya juga mengajak, tidak hanya para guru namun juga pemangku pendidikan lainnya untuk memastikan kurikulum pendidikan Pancasila dijalankan. Terutama seiring dengan berlakunya Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di DIY.


    Sehingga mereka memahami, mengerti dan mau jalankan pembatinan Pancasila, ucapnya.


    Melalui proses pembelajaran dengan kurikulum merdeka diharapkan kedepan Indonesia memiliki profil pelajar mahasiswa yang memegang teguh bhinneka tunggal ika dan bersatu menjadi bangsa Indonesia.


    "Penting sekali, pembelajaran langsung ke anak-anak, bagaimana meski berbeda tapi tetap satu jua, bersatu jadi bangsa Indonesia,” tutup Eko. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close