-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tingkatkan Jumlah Wisatawan, Bantul Belum Naikan Retribusi Masuk

    29/08/23, 16:38 WIB Last Updated 2023-08-29T09:38:25Z

    Bantul, Kabar Jogja – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan sampai saat ini pihaknya belum akan menaikkan tarif retribusi masuk ke obyek wisata yang dikelola Pemda, khususnya kawasan pantai selatan.


    Meski sudah mendapatkan rekomendasi dari DPRD, alasan tidak naiknya tarif retribusi karena ingin jumlah wisatawan ke Bantul meningkat dari sekarang.


    “Soal kenaikan tarif retribusi rekomendasinya sudah dapatkan dari dewan. Namun kami memiliki pertimbangan lain tidak menaikkannya,” kata Halim, Selasa (29/8).


    Menurutnya beberapa alasan tidak menaikkan tarif yaitu kondisi perekonomian yang belum pulih pasca dihantam pandemi Covid-19. Sehingga kalau dinaikkan sekarang, tentu akan memberikan efek domino besar yang pastinya akan memukul dunia pariwisata Bantul.


    “Biro perjalanan yang mendatangkan wisatawan tentunya punya kalkulator. Ada pertimbangan tertentu ketika tiket masuk dinaikkan. Jika harga masuk kawasan Parangtritis, yang menjadi andalan Bantul selama ini, tentu akan dinilai semakin mahal,” lanjut Bupati Halim.


    Tak hanya itu, naiknya tarif retribusi ini tentu akan semakin mengurangi  jumlah wisatawan yang datang ke pesisir selatan. Akibatnya bisa saja, nantinya tujuan wisata, kuliner dan berbagai macam jasa di berbagai obyek wisata mengalami penurunan pelanggan.


    “Biarlah kita tidak naikkan dulu. Kita ingin seluruh pengelola pantai semakin kompetitif memberikan pengalaman berwisata yang berkesan dan lebih menarik. Kami hanya ingin, harga tiket sekarang ini menaikkan jumlah pengunjung sehingga meningkatkan PDRB. Biarlah pemerintah yang mengalah,” tegas Halim.


    Bagi Halim, saat ini jajarannya tengah fokus mengupayakan pemindahan tempat pemungutan retribusi (TPR) yang selama ini berada di akses jalan umum. Ada pemikiran, TPR akan dipindah di pintu masuk berbagai obyek wisata di pesisir pantai selatan Bantul.


    “Tapi itu butuh kajian yang mendalam. Apakah nanti kita terapkan retribusi yang sama di semua pantai atau pengunjung cukup sekali membayar dan bisa berkunjung ke semua pantai.


    Saat ini dengan harga tarif retribusi Rp9.750 per orang, Pemkab Bantul telah menyiapkan lima TPR mulai dari kawasan Pantai Parangtritis hingga Pantai Baru di sisi barat.


    Sebelumnya, Pemkab Gunungkidul per awal 2024 resmi menaikkan tarif retribusi masuk ke berbagai obyek wisata pantai menjadi Rp15 ribu per orang. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close