-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Wujudkan Generasi Emas Indonesia, BPIP Bangun Taman Baca dan Atasi Stunting

    29/08/23, 22:29 WIB Last Updated 2023-08-29T15:29:46Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Penjabaran amanah pemerintah lewat Dewan Pengarah, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mendirikan taman baca di bantaran Sungai Code, Kota Yogyakarta. Ini implementasi BPIP melahirkan generasi emas Indonesia dan membebaskan anak dari stunting.


    Kepala BPIP Yudian Wahyudi, menyebut ‘Pojok Taman Baca Pancasila’ pada Senin (28/8/2023), sebagai upaya pihaknya melakukan  aksi nyata membangun keadilan bagi anak–anak.


    “Kami mendapatkan dua amanah dari pemerintah, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui taman baca. Selanjutnya mensejahteraan masyarakat dengan menurunkan stunting. BPIP akan berusaha maksimal melaksanakan kedua amanah tersebut,” kata Yudian dalam rilis Rabu (29/8/2023).


    Khusus mengenai tugas menurunkan dan mencegah stunting, Yudian menegaskan ini adalah tugas penting dalam menyelamatkan generasi, sebagai persiapan Indonesia emas.


    “Harapan kami, pada saatnya nanti anak-anak di Bantaran Kali Code dapat  menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dalam memperingati Hari Ulang Tahun NKRI,” ungkapnya.


    Dengan keberadaan sumber bacaan, gizi yang cukup dan dan peduli terhadap  kesehatan merupakan upaya penurunan angka stunting dan terlebih lagi mencegah terjadinya stunting.


    “Tugas utama generasi sekarang adalah bersyukur dengan cara belajar dan mengembangkan potensi yang dimiliki salah satunya melalui sarana yaitu taman baca,” tegas Yudian.


    Sebelum meresmikan taman baca di bantaran Kali Code, Yudian menghadiri Wicara Pancasila bertema ‘Gotong Royong Membangun Masyarakat Berkeadilan’ di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.


    Wicara Pancasila adalah kegiatan dalam rangka mensosialisasikan Pancasila sebagai ideologi bangsa melalui dan pengamalan nilai- nilai sila-sila Pancasila dalam praktek hidup sehari hari.


    Sebagai pembicara utama, Yudian memaparkan idealnya nilai-nilai Pancasila dapat menjadi pegangan hidup seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya BPIP terus melakukan Sosialisasi pengamalan nilai-nilai Pancasila. 


    “Keberhasilan sosialisasi Pancasila yang terlihat dari kekuatan seluruh masyarakat menerapkan nilai-nilainya. Sehingga berimbas pada SDM Indonesia yang semakin kompetitif,” lanjut Yudian.


    Dirinya menyebut saat ini daya saing Indonesia di tingkat global juga terus naik hingga menembus 10 digit. Sehingga menempatkan Indonesia menjadi salah satu dari 20 negara kekuatan ekonomi dunia.


    Dengan kesadaran nasional untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari akan berimbas pada pencapaian visi Indonesia emas menjadi lima negara kekuatan dunia, kata Yudian. (Tio) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close