-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    7 Kuliner Istimewa yang Hanya Bisa Dicicipi saat Berkunjung ke Jepara

    20/08/22, 12:43 WIB Last Updated 2022-08-20T05:45:13Z

    Youtube

    Kabar Jogja - Apa yang langsung terbayang di benak Anda ketika mendengar kata “Jepara”?

    Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah tersebut memang terkenal dengan mebel kayu berkualitas tinggi. Jika Anda sedang mencari mebel untuk berbagai kebutuhan, sebaiknya Anda langsung mengunjungi Jepara agar bisa mendapatkan produk yang Anda inginkan.

    Berkunjung ke Jepara kini semakin mudah karena Anda bisa booking Agra Mas via Traveloka. Agra Mas adalah salah satu Perusahaan Otobus (PO) terkemuka di tanah air yang menyediakan layanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Anda tinggal mengakses website atau aplikasi Traveloka untuk memesan tiket bus Agra Mas tujuan Jepara secara praktis. Proses pembayaran tiket bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran seperti transfer antar bank, m-banking, kartu kredit, atau pembayaran tunai via minimarket. Anda jadi tak perlu repot menyelesaikan pembayaran setelah memesan tiket bus Agra Mas di Traveloka.

    Selain terkenal dengan produk mebel kayu, ternyata Jepara juga memiliki beberapa makanan khas berikut ini yang sayang untuk dilewatkan:

    1.    Bongko Mento

    Kalau dilihat sekilas, bongko mento memang sangat mirip dengan pepes biasa. Padahal, bongko mento merupakan camilan mengenyangkan yang disantap tanpa nasi. Bahan dasarnya terdiri dari telur dadar berisi ayam suwir yang ditumis kemudian diberi pelengkap berupa jamur tiram, bihun, dan santan. Seluruh bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Cita rasa bongko mento yang gurih pasti membuat Anda ketagihan saat mencicipinya.

    2.    Lontong Krubyuk

    Pada umumnya hidangan lontong disajikan dengan kuah berbahan dasar santan, tetapi tidak demikian halnya dengan lontong krubyuk khas Jepara. Makanan istimewa ini terdiri dari potongan lontong, suwiran ayam rebus, tauge setengah matang, dan seledri yang disiram dengan kuah bakso. Penggunaan kuah bakso bening membuat cita rasa lontong krubyuk terkesan lebih ringan daripada lontong sayur kuah santan. Selain lezat, hidangan khas Jepara ini juga cocok dijadikan pengganti nasi karena mengenyangkan.

    3.    Bontosan

    Kalau Anda menyukai hidangan berbahan dasar ikan seperti pempek Palembang, kemungkinan besar Anda juga akan menyukai bontosan. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri atau kerapu yang dicampur tepung beras dan bumbu-bumbu lalu dibungkus menggunakan plastik atau daun pisang. Adonan bontosan yang sudah dicampur dan dibungkus kemudian dikukus hingga matang kemudian disajikan dengan saus. Cita rasanya gurih dan sangat mirip pempek karena bahan utamanya terdiri dari ikan.

    4.    Horok-Horok

    Nama hidangan yang satu ini pasti terasa asing bagi masyarakat di luar kawasan Jepara. Bahan utama horok-horok berasal dari sari pati pohon aren yang diambil dengan cara disisir. Serpihan sari pati tersebut lalu dibersihkan dan dikukus hingga matang sempurna.

    Biasanya horok-horok dijadikan pengganti nasi dan disajikan bersama aneka hidangan, seperti soto, gulai, bakso, pecel, atau soto kikil. Namun, horok-horok juga cocok dijadikan bubur manis sebagai hidangan penutup. Mengunjungi Jepara tentu belum lengkap rasanya tanpa mencicipi hidangan langka yang satu ini.

    5.    Pindang Serani

    Pindang adalah hidangan populer bagi masyarakat Betawi. Namun, cita rasa pindang serani khas Jepara justru berbeda karena tidak menggunakan bahan dasar berupa kecap manis. Pindang Jepara biasanya menggunakan bahan dasar ikan air tawar seperti bandeng, nila, mujair, atau patin. Bumbu yang digunakan sangat bervariasi, antara lain bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, cabai, jahe, belimbing wuluh, tomat, dan daun bawang. Meskipun warnanya bening, pindang serani memiliki sensasi rasa istimewa yang berbeda dengan hidangan berkuah lainnya. Seporsi pindang serani sangat cocok disantap bersama nasi hangat.

    6.    Rondo Royal

    Sajian tape goreng khas Jepara dikenal dengan nama rondo royal. Adonannya terdiri dari tape singkong yang dihaluskan dan dibentuk kemudian dicelupkan dalam adonan tepung basah. Selanjutnya, adonan berisi tape tersebut digoreng selama beberapa menit hingga teksturnya renyah dan berwarna kuning keemasan. Biasanya rondo royal disajikan untuk melengkapi kopi atau teh pada pagi atau sore hari.

    7.    Sup Pangsit Jepara

    Konon kabarnya hidangan ini merupakan salah satu makanan favorit R.A. Kartini. Sup pangsit Jepara adalah hasil perpaduan budaya China dan Jawa. Sajiannya terdiri dadar gulung berisi adonan udang serta pangsit yang disiram dengan kuah bening. Kuahnya terdiri dari bahan dasar sederhana, yaitu kaldu ayam, bawang putih, garam, dan merica. Selain bahan-bahan utama tersebut, sup pangsit Jepara juga diberi tambahan berupa kacang polong, irisan jamur kuping, dan bunga sedap malam sehingga rasanya semakin istimewa.

     

    Luangkan waktu Anda untuk menjelajahi kekayaan kuliner Jepara saat mengunjungi kabupaten tersebut. Bersiaplah ketagihan berlibur ke Jepara setelah mengenal aneka hidangan istimewanya yang selalu berhasil menggugah selera. (*)

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close