-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    KPU Pastikan Logistik Pemilu Sampai TPS Besok Rabu

    12/02/24, 16:49 WIB Last Updated 2024-02-12T09:49:26Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan pengiriman logistik Pemilu 2024 untuk 11.932 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dijadwalkan selesai besok Rabu (13/2). Saat ini keberadaan logistic pemilu sudah sampai tingkat desa dan Gunungkidul menjadi yang pertama selesai.


    Saat temu media, Senin (12/2) Ketua KPU Ahmad Shidqi merilis data terakhir jumlah pemilih yang telah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) se-DIY sebanyak 2.870.970 orang.


    Dalam pembagian kategorinya, pemilih yang masuk Generasi X mendominasi dengan persentase sebanyak 29,5 persen, disusul Milenial (28,69 persen), Generasi Z (18,83 persen), Babyboomer (19,69 persen) dan Lansia (3,74 persen).


    Lalu jumlah DPT tambahan yang telah mendaftar memilih di DIY sebanyak 59.254 dan yang memutuskan memilih keluar DIY sebanyak 35.599 pemilih.


    “Mereka tersebar di 11.932 TPS yang dikawal 83.524 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Termasuk juga dengan DPT tambahan yang akan kita tempatkan di TPS sesuai dengan ketersediaan surat suara,”papar Ahmad.


    Terkait dengan pengiriman logistik yang dimulai sejak Sabtu (10/2), dijadwalkan seluruh surat suara dan pendukungnya dipastikan akan sampai di TPS pada Selasa (13/2). Saat ini semua logistik telah sampai di kantor desa.


    Untuk perlengkapan yang diterima oleh KPPS, terdiri dari perlengkapan yang berada di dalam kotak suara dan perlengkapan yang berada di luar kotak suara. Logistic yang dikirimkan berupa surat suara, informasi DPT, DPT tambahan, alat tulis dan alat coblos.


    “KPU Gunungkidul menjadi KPU pertama yang meluncurkan distribusi logistik, dengan pertimbangan kondisi geografis dan cuaca. Pengiriman logistik sudah dimulai sejak akhir pekan lalu,” Ahmad.


    Relawan pendukung Ganjar-Mahfud memastikan memperkuat dan mendukung keberadaan saksi di 204-an TPS yang tersebar di enam kecamatan sepanjang pesisir Gunungkidul, Yogyakarta bentuk paket hospitality berupa snack dan minuman berenergi seperti biskut, s madu dan asupan berenergi lainnya.


    Koordinator Gabungan Relawan Ganjar Mahfud DIY (Garda Istimewa), Widihasto Wasana Putro menyatakan dukungan moral kepada 613 saksi Ganjar-Mahfud diwujudkan dalam.


    “Tujuannya para saksi tetap dalam kondisi sehat jasmani dan rohani dalam menjalankan tugas luhurnya. Mereka garda terdepan dalam keseluruhan proses tahapan Pemilu 2024,” katanya.


    Sejumlah alasan relawan memberikan dukungan penguatan saksi-saksi TPS di wilayah pesisir pantai selatan menurut Hasto karena Gunungkidul memiliki pesisir terpanjang dibandingkan Bantul dan Kulonprogo. Gunungkidul memiliki garis pantai sepanjang 70 km atau lebih dari 50 persen dari total  panjang garis pantai DIY 113 Km.


    “Alasan lain adalah adanya insiden kekerasan yang dialami pendukung Ganjar Mahfud oleh pihak aparat keamanan saat kunjungan Joko Widodo di Gunungkidul beberapa waktu lalu. Insiden yang menjadi atensi publik nasional ini harus dilawan dengan memperkuat konsolidasi di tingkat basis,” jelasnya Hasto.


    613 saksi ini nantinya akan tersebar di 204 TPS yang berada di enam kecamatan dan 14 desa mulai dari Kecamatan Girisubo hingga Purwosari di bagian barat. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close