-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Festival Jathilan Sleman Kembali Digelarkan

    21/05/22, 15:29 WIB Last Updated 2022-05-21T08:29:42Z

    Sleman, Kabar Jogja - Dinas Kebudayaan Kabupaten (Kundha Kabudayan) Sleman kembali menggelar Festival Jathilan Kabupaten Sleman Tahun 2022. 


    Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa membuka acara secara simbolis dengan memukul gong dan menjadi tanda dimulainya acara yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Sleman, Sabtu (21/5).


    Dalam sambutannya, Danang menyampaikan terimakasih dan apresiasi dengan terselenggaranya Festival Jathilan Kabupaten Sleman ini. 


    Menurutnya, kegiatan ini membanggakan dan bermanfaat untuk pelestarian kesenian tari Jathilan di Sleman. 


    "Festival kesenian Jathilan ini memberikan ruang dan motivasi bagi seluruh pelaku kesenian Jathilan untuk lebih berkreasi untuk mengembangkan kesenian Jathilan di Sleman.” kata Danang.


    Lebih lanjut, Danang juga berharap grup Jathilan yang akan tampil dapat melahirkan seniman – seniman muda yang dapat menjadi regenerasi sekaligus menjaga kelestarian seni tari Jathilan di Kabupaten Sleman. 


    Selain itu, Danang berharap Jathilan Sleman memiliki ciri khas yang nantinya dapat memiliki hak paten.


    “Saya berharap Jathilan Sleman berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri sehingga nantinya memiliki hak paten dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Sleman tentunya.” Jelas Danang.


    Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman, Edy Winarya mengatakan Festival Jathilan Kabupaten Sleman Tahun 2022 diselenggarakan dalam rangka melestarikan dan mengembangkan potensi kebudayaan serta mensosialisasi tata nilai budaya melalui seni pertunjukan.


    Kegiatan ini didanai oleh dana keistimewaan DIY serta diikuti oleh 17 grup seni tari Jathilan yang mewakili 17 Kapanewon di Kabupaten Sleman.


    “Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk menggali dan menjaring potensi seniman yang ada ditingkat masyarakat, serta sebagai wujud perhatian Pemkab Sleman terhadap kelestarian seni.” terangnya. (rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close