-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Antusiasme Pengunjung Saksikan Pertunjukan Perdana Sendratari Ramayana di Open Air Prambanan

    06/05/22, 19:54 WIB Last Updated 2022-05-06T12:54:08Z


    Sleman, Kabar Jogja - Sejak pandemi melanda Indonesia tahun 2020, pertunjukan kolosal Sendratari Ramayana dilakukan secara terbatas sesuai dengan protokol kesehatan ketat. 


    Berbagai aturan yang melekat membuat pertunjukan dilakukan secara hati-hati dan mengedepankan kenyamanan dan keamanan semua pihak.


    Kondisi yang mulai membaik dengan ditandai melandainya kasus penularan dan didorong oleh tingkat vaksinasi yang tinggi, menjadi angin segar bagi pengelola untuk menampilkan kembali pertunjukan yang pertama kali dipentaskan pada 26 Juli 1961 ini.


    PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko melalui Unit Teater Pentas mementaskan kembali Sendratari Ramayana Open Air. 


    Selama masa libur Lebaran 2022, Sendratari Ramayana dipentaskan selama 3 hari, pada tanggal 3, 5 dan 7 Mei 2022.


    Antusiasme pengunjung melihat pertunjukan dengan latar Candi Prambanan ini cukup tinggi. 


    Salah satu penonton dari Jakarta, Dina, mengaku terkesan dengan pertunjukan Sendratari Ramayana. Dirinya yang baru pertama kali melihat, merasa puas dengan pertunjukan ini.


    "Sejak sekian lama ingin ke sini dan ternyata luar biasa. Saya sangat terkesan karena benar benar teatrikal sekali, pemain-pemainnya juga sangat talented banget. Overall bagus banget, puas sekali dan akan nonton lagi, begitu ada kesempatan," kata setelah melihat Sendratari Ramayana, Kamis (5/5/2022).


    Pengunjung yang datang pada pertunjukan perdana Sendratari Ramayana di panggung terbuka pada 3 Mei 2022 sebanyak 393 wisatawan. 


    Sementara di hari kedua pertunjukan (5/4/2022), menyaksikan pertunjukan yang digagas oleh Letjen TNI (purn) GPH Djati Kusumo pada April 1961 ini dilihat oleh 477 wisatawan.


    "Antusiasme penonton luar biasa, bahkan VIP juga banyak penontonnya dan ini merupakan surprise karena kami sudah dua tahun tidak show dan sebenarnya juga masih ragu. Tapi ternyata penontonnya luar biasa, baik dari luar kota seperti Jawa Barat, Jakarta dan juga wisman dari Amerika, India, Korea dan Perancis," ungkap GM Teater Pentas Ramayana Prambanan Chrisnamurti Adiningrum di Prambanan, Sleman, Jumat (6/5/2022).


    Unit Teater Pentas terus menampilkan pertunjukan budaya berkualitas sebagai salah satu daya tarik wisata di Yogyakarta. Selain Sendratari Ramayana, juga ada pertunjukan dramatari Roro Jonggrang yang juga diminati oleh wisatawan.


    "Semoga ini sebagai awalan yang baik untuk kami selanjutnya. Ke depan, kami optimis melihat jumlah antusiasme penonton. Tapi yang pasti wisatawan sudah ingin Open Air lagi," pungkasnya. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close