-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dalam Globalisasi, Nilai Budaya Menjadi Kunci Kekuatan

    24/09/21, 19:30 WIB Last Updated 2021-09-24T12:30:17Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja –Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) dan anggota DPR RI meyakini kekuatan budaya yang dimiliki suatu bangsa akan menjadi kunci kekuatan dalam melawan globalisasi.


    “Dalam melawan tantangan yang dihadirkan globalisasi yang semakin pesat dengan dukungan kemajuan teknologi digital. Nilai-nilai kebudayaan dan kebangsaan menjadi modal penting dalam perkembangan globalisasi,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo.


    Hal ini disampaikan Widodo saat seminar daring bertema ‘Tantangan Budaya dalam Melawan Globalisasi’ yang diselenggarakan oleh Kominfo pada Jumat (24/9). Hadir pula anggota Komisi I DPR RI Sukamta dan akademis Sutrisna Wibawa.


    Dalam paparannya, Widodo mengatakan bahwa kebudayaan yang dimiliki satu bangsa secara umum memiliki nilai-nilai nasionalisme baik yang diperlihatkan dalam bidang ekonomi, politik, maupun sosial lainnya.


    “Namun sayangnya, di negeri kita korupsi, radikalisme, intoleransi dan kesenjangan sosial belum menggambarkan keutuhan bangsa yang sering kita gembor-gemborkan dalam kehidupan kebudayaan kita,” jelasnya.


    Sukamta dalam paparannya mengatakan selain menghadirkan kemudahan akses transportasi antar wilayah yang mempersingkat waktu. Globalisasi juga menghadirkan kemajuan teknologi informasi dan digital yang sekarang menjadikan bumi layaknya kampung kecil.


    “Membuat segala macam hal terkoneksi, terutama bidang ekonomi dan sosial budaya. Mengalami perubahan yang sangat radikal. Dampak pada dunia pekerjaan juga dihadirkan globalisasi,’ kata politisi PKS asal Daerah Istimewa Yogyakarta ini.


    Akibatnya sebuah pencampuran yang tidak lagi ada jarak, menurut Sukamta menghadirkan tantangan yang luar biasa. Namun meski terkoneksi bebas tanpa hambatan, namun kedepannya setiap negara akan membikin standar atau nilai berbeda untuk apa perilaku yang dihadirkan oleh teknologi informasi.


    Karena semua orang, khususnya anak-anak muda sudah melek digital. Maka untuk mempertahankan mereka dari serangan atau infiltrasi perilaku dari luar maka nilai budaya harus menjadi tameng pelindung.


    “Nilai budaya dan kebangsaan haruslah disebarkan lewat media yang sama. Lewat gadget. Ini artinya diperlukan rekayasa oleh konten creator untuk menyebarkan nilai-nilai itu guna melahirkan kecerdasan ditigal,” kata Sukamta. 


    Sementara mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sutrisna Wibawa menegaskan bahwa mempertahankan identitas diri lewat budaya adalah upaya mempertahankan kehidupan di era globalisasi ini.(tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close