-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Daop 6 Layani Vaksinasi Gratis di Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan

    18/07/21, 21:15 WIB Last Updated 2021-07-18T14:15:55Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Per 3 Juli 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka layanan vaksinasi Covid-19 gratis di beberapa stasiun khusus bagi pelanggan KA Jarak Jauh. Dan di Daerah Operasi 6 Yogyakarta, kegiatan Vaksinasi covid-19 gratis bagi penumpang KA jarak jauh ada di stasiun Yogyakarta dan Solobalapan.


    “Program vaksinasi gratis di stasiun ini merupakan upaya KAI untuk mendukung program pemerintah, serta membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh di masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub No 42 Tahun 2021," ujar Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta


    Adapun ke-13 Stasiun yang telah membuka  layanan fasilitas Vaksinasi Covid-19 Gratis tersebut adalah: Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Malang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Jember.


    Supriyanto menjelaskan, hadirnya layanan ini juga untuk mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 yang sedang digalakkan pemerintah.


    Masyarakat sangat antusias akan hadirnya layanan ini di berbagai daerah. Terbukti pada periode 3 s.d 17 Juli 2021, peserta Vaksinasi covid-19 gratis di stasiun Yogyakarta sebanyak 733 dan stasiun Solobalapan sebanyak 747.


    "Masyarakat yang  memang harus tetap bepergian pada masa PPKM Darurat ini merasa sangat terbantu karena dapat melengkapi persyaratan bepergian yang telah ditetapkan pemerintah," ujar Supriyanto


    Syarat untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19 Gratis di Stasiun ini yaitu harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api. Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.


    Supriyanto menghimbau kepada calon pelanggan KA yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 di stasiun agar merencanakan dengan baik waktu antara vaksinasi, rapid test antigen, dan jadwal keberangkatan KA-nya untuk menghindari keterlambatan naik Kereta Api. Kuota yang disediakan di masing-masing stasiun pun terbatas setiap harinya, untuk stasiun Yogyakarta sebanyak 50/hari dan Solobalapan sebanyak 50/hari. "PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga menyampaikan permohonan maaf apabila belum bisa memenuhi semua permintaan masyarakat terkait vaksinasi covid-19 gratis," pesan Supriyanto.


    “Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan setempat dan pihak-pihak lainnya yang telah membantu kelancaran hadirnya layanan vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun,” kata Supriyanto


    Mulai 5 s.d 20 Juli 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.


    Bagi pelanggan dengan kepentingan khusus yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis tetap dapat menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dengan syarat menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku.


    Untuk pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin. Kemudian untuk pelanggan di bawah 5 tahun tidak diharuskan menujukkan hasil RT-PCR atau Rapid Test Antigen.(rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close