-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pakai Motor, Perpustakaan Keliling di Jogja Sambangi Perkampungan

    01/04/21, 14:59 WIB Last Updated 2021-04-01T07:59:15Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta terus berupaya untuk meningkatkan minat baca bagi warga masyarakat Kota Yogyakarta, salah satunya dengan layanan perpustakaan keliling PUSPITA.


    Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha, mengatakan jika  layanan tersebut adalah merupakan bagian dari kegiatan pembinaan ke perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat.


    "Kebutuhan masyarakat akan informasi yang begitu tinggi menjadi salah satu alasan mengapa layanan Puspita dihadirkan," katanya.


    Pihaknya mengatakan jika tujuan layanan tersebut adalah untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat Kota Yogyakarta, menguatkan visi Perpustakaan Kota Yogyakarta sebagai 'The Dynamic and Innovative Library'.


    "Selain itu juga memeratakan informasi dan bacaan kepada masyarakat, dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi," ujarnya.


    Nunun mengungkapkan jika layanan tersebut adalah layanan perpustakaan keliling yang beroperasi dengan menggunakan armada motor roda tiga yang didesain dengan bentuk khusus di bagian belakang berisi rak koleksi pustaka.


    "kami sengaja memilih armada motor karena agar kami bisa menjangkau wilayah terpencil, dan sampai saat ini kami memiliki 5 unit armada," jelasnya.


    Ia membeberkan jika setiap hari layanan perpustakaan keliling Puspita ini berubah ubah, untuk hari ini, Kamis (1/4/2021) layanan ini akan beroperasi di Taman Kehati RW 10 Pengok Kelurahan Demangan, kampung baca Brontokusuman, jalan Suripto Jogokariyan, RW 04 Kelurahan Terban, dan di Panti Asuhan Wiloso Projo.


    "Untuk besok, Sabtu (3/4/2021) kami beroperasi di ruang terbuka hijau publik RW 10 Sindurejan, RW 10 Pakuncen, dan kampung baca Pengok RW 12 Demangan. Untuk Jumat kami tidak beroperasi karena hari libur nasional," jelasnya.


    Sementara untuk hari Minggu (4/4/2021) layanan ini akan beroprasi di ruang terbuka hijau publik RW 01 Bener, Masjid Al-Barokah Pakuncen, dan asrama Polisi Pathuk.(rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close