-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ketua DPRD DIY: Pers di Masa Pagebluk, Membantu Menekan Kabar Hoaks

    09/02/21, 20:48 WIB Last Updated 2021-02-09T13:48:45Z


     

    Yogyakarta, Kabar Jogja - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) jatuh pada hari Selasa 9 Februari 2021. Berbagai kalangan pun memberikan harapan dan ucapan terkait peran pers utamanya berkenaan dengan masalah pandemi yang sudah menimpa bangsa selama setahun terakhir. 


    Ketua DPRD DIY Nuryadi mengatakan peran pers sangat penting di tengah kondisi pagebluk Covid-19 saat ini. Menurutnya, banyak bermunculan kabar atau informasi hoaks terutama di media sosial. 


    Sehingga peran wartawan sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar, cepat, dan akurat. 


    "Tugas wartawan salah satunya adalah untuk menekan kabar hoaks. Memberikan informasi yang benar, cepat, dan akurat kepada masyarakat," katanya saat dihubungi wartawan pada Selasa (9/2) malam.


    Menurut Nuryadi, pers menjadi salah satu pilar kekuatan demokrasi. Pers memiliki fungsi strategis, sebab melalui pengelolaan informasi yang baik dan dipertanggujawabkan maka pers dapat melakukan pencerahan informasi yang salah maupun pendidikan kepada publik.


    Dari rilis yang dikeluarkan Satgas Covid-19 di tingkat pusat, hoaks bermunculkan di masa pandemi ini. Seperti pada beberapa hari lalu, telah beredar di media sosial facebook sebuah unggahan yang menyebut Tanzania tidak terpapar Covid-19 dan di negara tersebut tidak pernah ada rapid test. 


    Adapun dalam unggahan itu juga disebutkan bahwa di Indonesia covid-19 adalah dana. 


    Faktanya klaim yang menyebut Tanzania bebas Covid-19 adalah hoaks. Berdasarkan laporan dari situs milik WHO, covid19.who.int, hingga kini tercatat 509 kasus positif dan 21 orang meninggal. Sementara itu pemerintah Tanzania justru mewajibkan semua warganya melakukan tes Covid-19.(dho)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini