-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dampak Pandemi Berlarut, Investasi Logam Mulia Jadi Pilihan

    23/12/20, 13:00 WIB Last Updated 2020-12-23T06:00:33Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Ekonom UGM Traheka Erdyas Bimanatya, SE., M.Sc., mengatakan rencana vaksinasi covid-19 belum bisa menjamin pandemi akan segera berakhir dalam waktu dekat. Bila kondisi seperti ini terus berlangsung maka akan berdampak pada ketidakpastian ekonomi karena konsumen akan mengubah pola konsumsi, sedangkan pelaku usaha memilih kebijakan bertahan dari ancaman krisis. “Masih ada rasa ketakutan dan ketidakpastian pada pandemi covid-19 ini sehingga orang cenderung mencari rasa aman bagi dirinya,” kata Bimanatya dalam Diskusi Tantangan Pencapaian SDGs di masa Pandemi, Selasa (22/12).


    Bia pandemi masih berlangsung hingga tahun depan, kata Bimanatya, masyarakat akan lebih banyak memilih menabung dibanding membelanjakan uangnya. Selanjutnya kegiatan transaksi online akan semakin meningkat, kelas menengah kembali menggunakan kendaraan pribadi, dan aktivitas pertemuan lebih banyak dilakukan secara virtual. “Dampaknya tentu pada penurunan turisme, konser, sport, resto, bioskop dan konferensi. Bagi perusahaan maka perjalanan bisnis akan menurun, pelaku usaha enggan melakukan rekrutmen,” katanya.


    Belajar saat di masa awal pandemi, ungkapnya, konsumen nantinya akan lebih cenderung melakukan investasi dengan membeli logam mulia, melakukan stok makanan dan obat serta menghindari bepergian jarak jauh. “Dampak covid jika terus berlarut akan mengubah pola konsumsi masyarakat kita,”katanya.


    Epidemiolog UGM Riris Andono, Ph.D., mengatakan pemerintah perlu memperkuat sistem kesehatan nasional yang nilainya masih lambat melakukan respon cepat dalam pengambilan tindakan saat penanggulangan penularan pandemi covid-19. “Selama ini sistem kesehatan kita hanya mengelola program yang sama dan terus berulang dari tahun ke tahun dengan proses birokrasi yang begitu panjang,” katanya.


    Riris Andono mengungkap di masa mendatang akan lebih banyak ancaman krisis kesehatan yang mirip pandemi covid-19. Oleh karena itu dibutuhkan sistem kesehatan yang lebih baik dalam melakukan respon cepat penanggulangan penyakit pandemi semacam ini. “Covid-19 bukan pertama dan terakhir, kemungkinan penyakit dengan potensi pandemi akan selalu datang mengancam, jika sistem kesehatan tidak dibenahi maka kita akan mengalami masalah dan kondisi yang sama,” ujarnya.(rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close