• Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Museum Benteng Vredeburg Ujicoba Operasional Akhir Juli

    24/07/20, 19:30 WIB Last Updated 2020-08-04T12:44:38Z

    Yogyakarta – Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta mulai membuka kunjungan dalam uji coba terbatas pada 28 sampai 30 Juli mendatang. Pembukaan museum ini diikuti dengan pameran tematik kolaboratif dengan tema jaring arthropoda bekerja sama dengan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta.

    Ketua Satuan Tugas Covid-19 Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Madrohi mengatakan pameran temarik kolaboratif ini merupakan upaya pengelola untuk menampilkan wajah baru sehingga diharapkan dapat menarik masyarakat untuk kembali berkunjung ke museum.

    “Pameran ini juga bertujuan untuk memberi citra baru dan khusus bagi Museum Vredeburg. Melalui pameran ini, dieksplorasi aksentuasi dan dinamika ruang dengan kontras warna, simbolisasi seni, tanpa melupakan pelestarian warisan budaya dan koleksi yang ada di dalamnya,” katanya kepada wartawan pada Jumat (24/7).

    Nantinya akan disajikan foto-foto sejarah perjuangan beradu dalam karya instalasi pematung Lutse Lambert Daniel Morin. Pameran ini akan ditampilkan secara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

    Pameran secara luring akan memberikan sentuhan artistik pada area publik museum, yakni halaman depan museum yang selama ini identik dengan tempat parkiran dan kurang tertata tidak akan ditemui lagi. Halaman museum ini menjadi ruang publik dengan bernuansa bersih, tertata, dan penuh ekspresi.

    “Pameran tematik kolaboratif bertema jaring arthropoda ini juga dapat dinikmati secara daring melalui akun media sosial museum yaitu instagram mulai 1 Agustus,” ucapnya.

    Madrohi berkata, untuk jam operasional pada ujicoba secara terbatas yakni mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Kapasitas kunjungan pun juga dibatasi sebanyak 220 orang dalam satu hari yang dibagi dalam empat sesi kunjungan dengan durasi masing masing selama satu jam sebanyak 55 orang.

    “Kunjungan museum ini juga dibatasi hanya menerima rombongan kecil keluarga. Bagi wisatawan nusantara yang berasal dari luar Yogyakarta dan zona merah diperkenankan berkunjung dengan membawa surat keterangan sehat dari instansi kesehatan,” ucapnya.

    Museum Benteng Vredeburg telah ditutup sejak 16 Maret lalu ketika masa awal pandemi Corona. Dalam persiapan dibuka kembali, pihak pengelola telah melengkapi sarana dan prasarana pencegahan penyebaran Covid-19.

    Di antaranya memperbanyak tempat cuci tangan dengan sabun, hand sanitizer, pemasangan petunjuk arah, stiker jaga jarak dan pemasangan informasi protokol pencegahan covid. Kemudian juga tenda tunggu pengunjung, ruang darurat atau PPPK, memperkuat jaringan internet bagi pengunjung.

    Selain itu juga menyiapkan aplikasi pembelian tiket online melalui website museum, pembelian tiket non tunai dengan memakai kartu atm maupun pembelian manual, serta menambah tata pameran out door dan sarana panggung layanan publik.(dho) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +