• Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Puluhan Pedagang Pasar di Sleman Reaktif Corona

    09/06/20, 18:23 WIB Last Updated 2020-06-09T11:23:21Z

    Sleman – Sebanyak 24 pedagang pasar tradisional di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diketahui reaktif Covid-19 setelah dilakukan rapid tes atau tes cepat pada Selasa (9/6). Mereka pun akan diisolasi di tempat karantina asrama haji sambil menunggu dilakukan tes swab.

    Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman Shavitri Nurmala Dewi mengatakan rapid tes digelar secara serentak di 14 pasar tradisional pada Selasa (9/6). Setiap pasar diambil sampling sebanyak 50 pedagang, yang dilihat dari tingkat potensi kerumunan, dan perwakilan dari masing-masing los.

    “Sebanyak 710 orang yang mengikuti rapid tes. Selain pedagang juga diikuti oleh petugas pasar dan tenaga puskesmas. Dari jumlah itu ada 24 orang yang reaktif, semuanya pedagang. Secara prosedur, mereka akan diisolasi di asrama haji,” katanya dalam keterangannya kepada wartawan pada Selasa (9/6).

    Shavitri mengatakan tes swab juga dilakukan pada waktu yang sama di empat pasar, yakni Prambanan, Condongcatur dan Colombo yang dijadikan satu lokasi tesnya, serta Godean. “Di pasar itu masing-masing diambil sampling 10 orang untuk tes swab. Hasilnya masih menunggu tiga hari lagi,” katanya.

    Shavitri menyebut rapid tes tahap kedua akan dilakukan di lokasi yang sama pada 17 Juni 2020 mendatang. “Sebanyak 14 pasar itu tetap beroperasi. Penyemprotan desinfektan dilakukan dua kali sehari sampai masa hidup virus diperkirakan mati,” ucapnya.

    Untuk update data positif Covid-19 di Sleman ada sebanyak tiga orang yang dilaporkan sembuh pada Selasa (9/6). Sehingga total untuk yang masih dirawat ada 16 orang.(mel/eks)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +