-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    KAI Daop 6 Yogyakarta Kurangi Perjalanan KA Antar Kota dan Prameks

    18/04/20, 16:46 WIB Last Updated 2020-04-18T09:46:25Z


    Yogyakarta – PT KAI Daop 6 melakukan pengurangan atau pemberhentian sementara beberapa perjalanan KA mulai Senin tanggal 20 April dan Selasa 21 April 2020 hingga Kamis 30 April 2020 mendatang. Sebagai upaya penanggulangan wabah pandemi Covid-19.

    Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan terdapat pengurangan sementara beberapa perjalanan KA Lokal Prambanan Ekspres (Prameks) serta penghentian atau pembatalan sementara perjalanan KA Antar Kota Joglosemarkerto dan KA Sancaka mulai Senin maupun Selasa (20&21/4/2020).

    Untuk KA Lokal diwilayah Daop 6 mulai tanggal 20 April 2020 terdapat 13 perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang dibatalkan yaitu 3 KA relasi Solo Balapan - Yogyakarta, 3 KA relasi Solo Balapan - Kutoarjo, 2 KA relasi Yogyakarta - Solo Balapan, 4 KA relasi Kutoarjo - Solo Balapan, dan 1 KA relasi Yogyakata - Kutoarjo.

    Untuk KA Antar Kota diwilayah Daop 6 mulai tanggal 20 April 2020 pada 4 perjalan KA Joglosemarkerto juga dibatalkan yaitu 1 KA relasi Purwokerto - Solo Balapan, 1 KA relasi Solo Balapan - Semarang Tawang, 1 KA relasi Solo Balapan - Yogyakarta, dan 1 KA relasi Yogyakarta - Solo Balapan.

    Selain itu mulai tanggal 21 April 2020 Untuk KA Antar Kota Sancaka terdapat 2 perjalanan KA yang dibatalkan yaitu 1 KA relasi Yogyakarta - Surabaya Gubeng dan 1 KA relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta.

    Pembatalan perjalanan ini diberlakukan sementara hingga tanggal 30 April 2020, atau dapat menyesuaikan kembali sesuai situasi maupun kondisi dilapangan.

    Eko Budiyanto juga menghimbau kepada para pengguna KA Lokal Prameks yang memang memiliki kepentingan mendesak untuk bepergian agar dapat menyesuaikan dengan jadwal yang ada. "Kami juga berharap dengan 8 perjalanan KA Lokal Prameks yang masih tetap beroperasi seperti biasanya ini dapat mengakomodir perjalanan penumpang yang memang terdapat kepentingan mendesak atau memiliki pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan," katanya.

    Adapun KA Prameks yang masih beroperasi antara lain 4 perjalanan relasi Yogyakarta - Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta Pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, 15.55 WIB, serta 4 perjalanan relasi Solo Balapan - Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan Pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB, 18.12 WIB.

    Sedangkan untuk KA jarak jauh yang masih operasional melintasi diwilayah Daop 6 Yogyakarta adalah KA Wijayakusuma relasi Cilacap - Yogykarata - Solo Balapan - Surabaya Gubeng - Ketapang (PP), KA Bima relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta - Solo Balapan - Gambir (PP), KA Ranggajati relasi Cirebon - Yogyakarta - Solo Balapan - Surabaya Gubeng - Jember (PP), KA Kahuripan relasi Blitar - Purwosari - Lempuyangan - Kiaracondong (PP).

    Eko Budiyanto juga menegaskan kembali bahwa tiket KA yang beroperasi tetap dijual hanya 50% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia dan para penumpang wajib menggunakan masker saat di Stasiun maupun saat perjalanan menggunakan Kereta. Selain itu penumpang juga akan dilakukan pengecekan suhu tubuh saat proses boarding dan kami harap para penumpang selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan dengan sabun maupun menggunakan hand sanitizer sebelum bepergian, serta menjaga jarak saat di Stasiun maupun saat perjalanan menggunakan kereta. Hal ini bertujuan untuk menjaga physical distancing antar penumpang di stasiun maupun diatas kereta.(RLS)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close