-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Busyro Muqoddas : Perilaku Hidup Berlebihan Picu Korupsi

    05/03/20, 10:25 WIB Last Updated 2020-03-05T03:25:08Z

    Bantul – Munculnya korupsi di Indonesia sebenaranya sudah ditandai sejak era orde baru dan tidak kunjung mereda hingga saat ini. Seiring dengan berkembangnya ideologi para koruptor mengenai perilaku korupsi. Ditambah lagi pintu awal perilaku korupsi ini tak lain adalah adanya sikap hidup yang berlebihan.
    Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas mengatakan pintu awal perilaku korupsi adalah adanya sikap hidup berlebihan yang lama-kelamaan meningkat menjadi keserahakan dan mengarah ke praktik-praktik korupsi yang lebih besar, berbahaya, dan bahkan bisa merugikan negara.
    “Salah satu contoh korupsi yang berbahaya adalah proyek-proyek infrastruktur. Banyak sekali proyek yang memiliki kejanggalan. Entah itu dalam hal MoU yang tidak jelas atau bahkan mengenai AMDALnya,” katanya dalam keterangan tertulisnya.
    Busyro mengatakan ideologi yang dianut oleh para koruptor ini merupakan suatu sistem yang bisa memenuhi kebutuhan dasar berupa material dan hedonisme yang dilakukan dengan bermacam-macam cara dan mereka perjuangkan dengan sekuat-kuatnya.
    “Maka dari itu, untuk melakukan pencegahan korupsi ini dapat dimulai sedini mungkin dari lingkungan rumah tangga, kampus, dan profesi dengan dinamisasi spiritualitas. Bisa juga dilakukan dengan dekonstruksi paradigma makna kehidupan dan ilmu. Yang terpenting lagi, jangan sampai ada transaksi-transaksi yang tidak bermanfaat di perguruan tinggi dan dibiarkan begitu saja oleh pihak kampus,” tegasnya.
    Ketua Badan Pembina Harian UMY, Agung Danarto mengatakan dalam hukum Islam terdapat sebuah gagasan bernama maqashid asy-syariah yang salah satu intinya adalah untuk menjaga harta.
    “Jika hal ini diamalkan, dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah perilaku korupsi. Karena sesungguhnya harta yang dijaga kehalalannya itu memiliki kedudukan yang tinggi,” imbuh Agung.(rid/sip)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close