-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ramadan Tiba, Tim Khusus Kejahatan Jalan Polres Bantul Patroli 24 Jam

    10/03/24, 11:18 WIB Last Updated 2024-03-10T04:18:31Z

    Bantul, Kabar Jogja - Polres Bantul resmi membentuk tim khusus pemburu  kejahatan jalanan serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saat bulan Ramadan. 


    Beranggotakan 148 personel, tim ini akan bertugas 24 jam untuk merespons laporan masyarakat terkait segala bentuk tindak kejahatan.


    "Mereka langsung bertugas bertepatan dengan awal bulan Ramadan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Minggu(10/3).


    Tim khusus ini fokus bekerja memberantas dan mengantisipasi segala bentuk tindak kejahatan seperti perang sarung, tawuran, balap liar dan petasan.


    "Tim ini juga berpatroli antisipasi dan pembubaran balap liar yang marak terjadi saat bulan Ramadan sehingga diharapkan bisa menekan aksi balap liar. Kami berharap kehadiran tim ini mampu mencegah jatuhnya korban jiwa,” terang Jeffry.


    data yang ada, bulan April 2022, pihak kepolisian setidaknya mengamankan 20 remaja yang terlibat aksi perkelaihan atau tawuran.


    Puluhan remaja ini diamankan di berbagai lokasi berbeda, seperti di Trirenggo, simpang empat Manding, hingga simpang lima Ketandan.


    Sementara di bulan puasa 2023, baru 2 pekan Polres Bantul telah mengamankan puluhan remaja atas beberapa kasus, seperti pengeroyokan, penganiayaan, kepemilikan senjata tajam (sajam), dan aksi perang sarung.


    Puluhan remaja yang diamankan tersebut terdiri atas delapan remaja ditangkap karena kasus pengeroyokan, dua remaja kasus penganiayaan, 16 remaja kasus kepemilikan senjata tajam, dan 20 orang karena aksi perang sarung.


    “Maka dari itu, untuk mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang lagi dan menjaga kondusifitas Bantul, giat patroli juga ditingkatkan. Bila biasanya di sekitar ring road, mulai pagi besok (hari pertama puasa) patroli dibagi menjadi dua. Patroli wilayah utara (ringroad) dan wilayah selatan (JJLS dan Jembatan Kretek 2),” tegasnya.


    Peran para orang tua, menurut Jeffry pentingbuntuk mengawasi putra-putrinya, perhatikan dengan siapa mereka bergaul, dan cari apabila pukul 22.00 WIB belum pulang.


    "Jangan sampai mereka menjadi pelaku maupun korban kejahatan jalanan,” imbaunya.


    Polres Bantul juga membuka pusat pelaporan bagi masyarakat di telpon atau WA 0856 00479110 Hotline Polres Bantul, atau Call Center 110. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close