-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Lestarikan Jaga Budaya, KAI Perindah Stasiun Tugu Yogyakarta

    19/02/24, 11:58 WIB Last Updated 2024-02-19T04:58:45Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – PT KAI Daop 6 Yogyakarta telah memulai proyek Beautifikasi Stasiun Yogyakarta. Dijadwalkan berlangsung lima bulan kedepan, PT KAI telah melakukan penyesuaian kelancaran arus penumpang khususnya di pintu masuk sisi timur.


    “Penyesuaian pertama dengan memindahkan area boarding gate manual dan pencetakan tiket di Pintu Timur Stasiun Yogyakarta yang semula berada di tengah, menjadi digeser ke area samping memanfaatkan pintu keluar darurat,” jelas Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Senin (19/2).


    Kemudian untuk Face Recognition Boarding Gate di pintu timur juga ditiadakan karena keterbatasan area.  Untuk kemudahan proses boarding dan lainnya, Daop 6 mengimbau agar pelanggan dapat mengakses pintu selatan yang berada di Jalan Pasar Kembang.


    “Penyesuaian kedua yaitu area drop zone timur hanya dapat digunakan untuk kendaraan kecil seperti sepeda motor dan mobil kecil. Untuk dropzone kendaraan besar dapat menggunakan akses masuk pintu selatan,” jelasnya.


    Pekerjaan beautifikasi Stasiun Yogyakarta  diperkirakan memakan waktu kurang lebih 5 bulan dan diperkirakan selesai Juni 2024. Adapun visi yang diusung dalam proyek renovasi ini adalah menjaga nilai heritage dari Stasiun Yogyakarta.


    Dengan aktivitas transportasi antar kota yang sangat tinggi di Stasiun Yogyakarta, diperkirakan dapat membuat adanya desakan akan kebutuhan ruang yang dapat mengakibatkan nilai heritage stasiun menjadi tergerus.


    Untuk menghindari adanya desakan yang dapat mengakibatkan kemungkinan berkurangnya nilai heritage atau terjadinya kerusakan, diperlukan rencana revitalisasi, tidak hanya pada skala bangunan, namun juga skala kawasan.


    “Karenanya KAI memberikan ubahan pada Stasiun Yogyakarta untuk terus mempertahankan nilai historis stasiun,” kata Krisbiyantoro.


    Daop 6 tentunya akan selalu adaptif dengan keadaan di lapangan nantinya serta selalu mengupayakan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dan memperhatikan kelancaran flow penumpang.


    Daop 6 mengimbau agar pelanggan di Stasiun Yogyakarta selalu mengikuti arahan dari petugas di stasiun serta selalu perhatikan petunjuk-petunjuk arah untuk pengaturan flow pelanggan KA di stasiun. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close