-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Nyanyikan ‘Ilir-Ilir’, Putri Ariani Dapatkan Uang Saku Dari Sultan

    26/06/23, 14:59 WIB Last Updated 2023-06-26T07:59:48Z

    Jogja, Kabar Jogja – Siswi Sekolah Musik Menengah (SMM) Bantul, Putri Ariani tetap diminta untuk melanjutkan sekolah meski terjun di dunia musik oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X. Untuk keberangkatan ke Amerika Serikat, Sultan memberi uang saku Rp50 juta.


    Pertemuan Putri dengan Sultan sendiri berlangsung di Kantor Gubernur Kepatihan, Senin (26/6) pagi. Dihadapan Sultan, Putri berkesempatan melantunkan suara emasnya lewat dua lagu yaitu ‘Loneliness’ yang merupakan ciptaannya sendiri dan ‘Ilir-ilir’.


    Sebagai pemudi Yogyakarta yang berhasil membawa nama daerah ke tingkat Internasional lewat America's Got Talent Session (AGT) 18. Sultan menyatakan Putri telah memberikan teladan sebagai generasi muda yang berprestasi bidang seni budaya.


    “Saya minta Putri untuk tetap melanjutkan pendidikannya meski fokus bermusik. Jangan meninggalkan sekolah saat menjadi musisi di level internasional. Cita-cita untuk melanjutkan sekolah di Amerika saya dukung itu. Semoga bisa menjadi seniman internasional yang tetap rendah hati,” kata Sultan.


    Selain piagam, Sultan memberikan uang saku senilai Rp50 juta kepada Putri yang pada Agustus nanti akan berangkat lagi ke Amerika Serikat untuk tampil di America's Got Talent Session. Putri lolos ke babak gugur setelah mendapatkan tiket emas (Golden buzzer) dari juri Simon Cowell.


    Terkait tembang berbahasa Jawa "Lir Ilir', lagu ciptaan Sunan Kalijaga yang memiliki makna yang dalam untuk bangkit dari keterpurukan. Sultan mengatakan itu spontanitas Putri dan dia tidak memintanya.


    “Saya memberikan restu untuk terus berjuang di AGT,” jelas Sultan.


    Putri sendiri mengungkapkan kedatangannya ke Kepatihan memang sengaja menemui Gubernur sekaligus Raja Keraton Yogyakarta tersebut.


    "Tadi ngobrolin tentang pendidikan. Pak Sultan berpesan jangan lupa sekolah. Yang paling utama jangan lupa sekolah, terus semangat. Pak sultan juga mendoakan putri untuk kesuksesan putri di amerika," ungkapnya.


    Putri menambahkan saat ini dia tengah melakukan latihan untuk mempersiapkan diri melaju ke live show AGT 2023. Materi lagu yang disiapkannya lumayan banyak dalam semifinal nanti.


    Sementara Putri mengungkapkan sengaja memilih lagu "Lir Ilir' sebagai pesan positif dari leluhur tanah Jawa. Lewat lagu itu, dirinya berharap semua menjaga kebaikan, akhlak.


    "Sebagai tembang Jawa, lagu ini memiliki  banyak pesan leluhur. Juga sebagai pelestarian tembang Jawa," ujarnya. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close