-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Produk Lokal Panggungharjo Bakal Dipasarkan Luar Daerah

    14/06/22, 08:29 WIB Last Updated 2022-06-14T04:52:32Z

    Bantul, Kabar Jogja - Berbagai produk makanan kecil hasil karya ibu-ibu Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul bakal dipasarkan hingga luar daerah Juli nanti.


    Program yang ditargetkan mulai awal Juli ini sepenuhnya mendapatkan dukungan dari PT Pengadian melalu Rumah Produksi Komunitas (RPK).


    Kepala Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi menjelaskan dorongan pada perkembangan usaha kecil ini juga didukung lewat pendanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).


    "Selama ini, ibu-ibu rumah tangga sudah mempunyai aktivitas produksi berbagai jenis makanan kecil yang tersebar di beberapa kampung," katanya Selasa (14/6).


    Namun selama ini banyak kendala yang dihadapi untuk pengembangan bisnisnya seperti soal perizinan, mereka kesulitan karena persoalan domisili usaha yang tidak terpusat. 


    Hadirnya RPK yang diinisiasi Pegadaian menurut Wahyudi diharapkan menjadi satu solusi dalam pengembangan usaha.


    "RPK yang saat ini sudah mulai aktif berada di Kampung Mataraman akan terus aktif mendorong pelaku usaha super mikro untuk naik kelas," lanjutnya.


    Wahyudi mengatakan  Juli 2022 nanti hasil produksi industri rumah tangga ini akan dipasarkan di salah satu supermarket besar, baik yang berada di pulau Jawa maupun luar Jawa. 


    Untuk mempersiapkan hal tersebut para pelaku industri rumah tangga tersebut memanfaatkan RPK untuk melakukan pelatihan pengemasan (packaging) produk, manajemen, maupun pemasaran.


    VP Corcomm PT Pegadaian Basuki Tri Andayani menyebut melalui RPK pihaknya meberika  pelatihan pengemasan produk yang dimulai sejak  Sabtu (11/6).


    Keberadaan RPK ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan UMKM yang didukung oleh perusahaan. 


    “PT Pegadaian sangat mendukung pengembangan bisnis UMKM, Mikro, bahkan Super Mikro. Selain melalui produk berbasis gadai dan non gadai, Pegadaian juga menyalurkan bantuan melalui program tanggung jawab sosial. Program tersebut dilaksanakan dalam rangka membantu menyukseskan program pemerintah guna  pemulihan ekonomi nasional," paparnya.


    Terkait pembangunan RPK tersebut Basuki menyatakan sangat bersyukur, begitu selesai pembangunan langsung dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. 


    Ia juga berharap para pelaku usaha rumah tangga terus tumbuh dan berkembang sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close