-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    2.600 Warga Pesisir di Yogyakarta Jadi Target Vaksinasi

    31/07/21, 22:37 WIB Last Updated 2021-07-31T15:37:01Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja - Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid 19,  Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda DIY bekerjasama dengan Biddokkes Polda DIY dengan menggandeng Poltekkes Yogyakarta dan BRI cabang Bantul, menggelar kegiatan vaksin massal dosis pertama bagi masyarakat pesisir pantai Selatan Yogyakarta, Sabtu (31/7/2021)


    Direncanakan vaksinasi akan digelar selama 2 hari mulai 31 Juli hingga 1 Agustus 2021.  2 hari pelaksanaan ini ditujukan agar tidak terjadi antrian panjang yang dapat menimbulkan kerumunan masyarakat.5 (lima) tenaga kesehatan yang merupakan mahasiswa Poltekkes Yogyakarta diperbantukan dalam kegiatan vaksinasi ini. Selain itu juga terdapat 5 (lima) personel Urkes Polres Bantul serta 10 Bintara remaja lulusan tahun 2021 yang turut diperbantukan.


    Wakapolda DIY Brigjen Pol R.Slamet Santoso didampingi Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih kepada pewarta menyampaikan saat ini Kabupaten Bantul jumlah terkonfirmasi positif masih tinggi sehingga kegiatan vaksinasi merupakan jalan keluar untuk menanggulangi masalah tersebut. 


    "Menurut data yang ada, rata-rata sekitar 700 lebih warga Bantul yang terkonfirmasi positif setiap harinya. Untuk itu giat vaksinasi ini kita menyasar wilayah Kabupaten Bantul," jelasnya disela peninjauan kegiatan vaksinasi di Mako Ditpolairud Polda DIY. 


    Menurutnya kegiatan vaksinasi ini perlu diperluas agar tujuan mewujudkan herd immunity tercapai dan penambahan kasus Covid-19 semakin menurun. 


    "Hari ini kita targetkan 1300 vaksin dan besok 1300. Terimakasih kepada stakeholder (Urkes Polres Bantul, Forum Pengurangan Resiko Bencana /FPRB kabupaten Bantul, SAR Satlinmas kabupaten Bantul dan PANTAS) yang turut serta mendukung kegiatan vaksinasi ini," ucapnya. 


    Wakapolda juga menuturkan Polda DIY telah menginstruksikan Kapolres Bantul untuk bekerjasama dengan Pemda (Bantul) dalam hal penanganan warga yang saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah.


    "Polda DIY memiliki shalter dengan kapasitas 96 tempat tidur. Dan ini bisa dimanfaatkan oleh warga yang saat ini menjalani isoman," jelasnya.


    Dirinya berharap dengan terwujudnya herd immunity nantinya perekonomian akan membaik. 


    Sementara itu Ketua penyelenggara vaksinasi Kombes Pol Nurodin yang menjabat sebagai Ditpolairud Polda DIY kepada pewarta menambahkan, warga yang turut divaksin adalah masyarakat pesisir dan nelayan tergabung dalam beberapa komunitas pelaku usaha pariwisata Pokdarwis. 


    "Vaksinasi ini juga melayani anak-anak minimal umur 12 tahun hingga lansia. Kegiatan ini bersinergi dengan pemerintah daerah Bantul, hari ini berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang direncanakan.Vaksinasi lain waktu akan di laksanakan lagi untuk mencapai target nasional," kata dia.


    Ketua forum pengurangan risiko bencana (FPRB) kabupaten Bantul yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan dukungannya dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini.


    "Kami mendukung pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh Polda DIY dalam rangka pemenuhan imunitas untuk masyarakat. Penyebaran masih tinggi sehingga vaksinasi merupakan bentuk garda paling akhir untuk memenuhi kekebalan masyarakat," ujarnya.


    Dirinya berharap semoga penyebaran Covid 19 di wilayah Bantul dapat terminimalisir dan masyarakat dapat menjalankan aktivitas normal kembali, pungkasnya.


    Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, SIK.M.Sc menambahkan dalam kegiatan ini Bidhumas Polda DIY menghadirkan Duta vaksin presisi Bidhumas Polda DIY 


    "Hari ini kami menyertakan Duta vaksin presisi sebagai kepanjangan tangan kami (Polda DIY) untuk menyapa setiap masyarakat yang hadir, memberikan himbauan-himbauan serta informasi-informasi yang dibutuhkan masyarakat terkait pelaksanaan vaksinasi massal," ucapnya. (rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close