-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Nelayan Gunungkidul Saat Pandemi, Tangkapan Minim Harga Turun

    18/09/20, 19:40 WIB Last Updated 2020-09-18T12:41:41Z


    Gunungkidul, Kabar Jogja- Tidak bisa dipungkiri memang dimasa pandemi covid 19 ini banyak masyarakat ataupun para pelaku usaha yang mengeluhkan minimnya pendapat yang mereka dapatkan.

    Memang yang paling terasa dimasa pandemi covid 19 ini dari segi ekonomi yang banyak terkena imbasnya.

    Hal ini pun juga sangat dirasakan bagi masyarakat pesisir pantai yang hidupnya masih tergantung pada hasil penjualan tangkapan laut.

    Karsono, salah satu nelayan Pantai Gesing Gunungkidul mengungap bahwa tidak dapat dipungkiri di masa pandemi ini sangat berdampak bagi para nelayan juga yang berpengaruh pada hasil penjualan.

    “Pandemi Covid ini pendapatan dari hari hasil tangkapan ikan turun drastis,”kata Karsono Jumat 18 September 2020.

    Tak hanya itu. Harga panen ikan itu pun juga menurun drastis alias tidak sebanding dengan kebutuhan para nelayan.

    “Sebagai contoh ikan tenggiri yang biasanya saat dijual bisa sampai kisaran harga di atas 50 ribu per kilogram, sekarang untuk ikan yang ukuran 3 kilogram hanya dijual seharga Rp 55 ribu,” ujarnya.

    Akibat anjloknya harga panen itu, ujar Karsono, saat ini banyak para nelayan yang enggan melaut karena hasil penjualan semakin merosot.

    “Akhirnya kami terpaksa menjual merugi daripada hasil tangkapan kami tidak laku terjual karena sepinya pengunjung pantai dan sepinya penjualan di pasaran,” ujar Karsono di sela-sela kesibukannya memperbaiki jala di pinggir pantai.

    Karsono menambahkan, jika nelayan nekat melaut, maka mereka terpaksa hanya menumpuk saja hasil tangkapannya laut sebelumnya yang belum terjual.(mel)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close