-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Upaya Muji Lestari Hidupi Keluarganya di Tengah Pandemi Corona

    01/06/20, 16:09 WIB Last Updated 2020-06-01T09:09:15Z


    Yogyakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah keadaan masyarakat, terutama bagi Muji Lestari (52). Ibu dua anak ini menjadi satu dari sekian banyak perempuan di Indonesia yang terdampak Covid-19.

    Sebelum pandemi Covid-19 menyebar, Muji Lestari punya usaha kecil-kecilan berupa kerajinan tas kain rajut. Namun adanya pandemi saat ini benar-benar mengubah keadaan, usaha tas kas kain rajut yang telah lama digelutinya sepi pembeli hingga akhirnya gulung tikar.

    “Bersama anak saya yang masih sekolah, tiap hari kami menyambung hidup dengan berjualan kerupuk beras yang dititipkan di Angkringan dan pedagang sayur keliling,” katanya.   

    Meski tidak banyak yang didapat, hanya 24 ribu tiap hari. Namun ia mengaku tidak memiliki pilihan lain demi menyambung ekonomi keluarga. “Apalagi sejak dua bulan terakhir, dokter telah memvonis ginjal kanan dan kiri saya terkena penyakit kista stadium 4 dan 5, hingga saya saat ini tidak bisa lagi melakukan pekerjaan berat,” pungkas Muji Lestari.

    Keterbatasan ekonomi, serta penjelasan dari dokter yang menyatakan penyakitnya sudah tidak bisa diobati walaupun dengan operasi, membuat hati Muji Lestari merasa sedih. Hingga akhirnya ia hanya mengandalkan obat-obatan herbal yang dibelinya tak jauh dari kediamannya.

    Bahkan ia sesenggukan tidak bisa menutupi kesedihannya, tatkala tim dari Aksi Cepat Tanggap menanyakan perihal kondisi kesehatannya. Saat ini, Muji Lestari hidup serumah dengan anaknya yang masih sekolah, serta ibunya yang sudah lanjut usia, sementara suaminya sudah meninggal dunia beberapa tahun silam karena sakit.

    Kali ini, tim dari ACT DIY berkesempatan berkunjung di kediamannya di Kotagede sekaligus penyerahan bantuan modal usaha dari program Sahabat UMI (Usaha Mikro Indonesia).

    Koordinator Program, Kharis Pradana mengatakan, Ibu Muji Lestari merupakan satu dari ribuan ibu-ibu di Indonesia yang tengah berjuang ditengah kondisi sulit pandemi Covid-19, “semoga adanya program Sahabat UMI ini mampu menjadi penyemangat bagi para pengusaha mikro untuk terus berjualan meski kondisi saat ini memang sedang sulit,” jelas Kharis, dalam keterangan tertulisnya pada Senin (1/6).

    “Selain bantuan modal, ACT juga akan memberikan pendampingan kepada pengusaha mikro seperti Ibu Muji Lestari agar usaha kecilnya bisa terus menopang perekonomian keluarga,” tutup Kharis.

    Program Sahabat UMI adalah program pemberian sedekah modal usaha dan pembinaan bagi usaha ultra mikro yang terdampak Covid-19. Targetnya ACT DIY akan memberikan bantuan untuk ribuan perempuan tangguh penggerak usaha mikro Indonesia pada program Sahabat UMI ini.

    Sahabat dermawan dapat ikut berkontribusi dan bersamai perjuangan keluarga prasejahtera dalam menghadapi pandemi, melalui diy.indonesiadermawan.id/SahabatUMI.(rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close