-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sejumlah Hotel di Jogja Mulai Buka pada Juni

    01/06/20, 16:02 WIB Last Updated 2020-06-01T09:02:48Z


    Yogyakarta – Sebagian hotel dan restoran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai dibuka pada Juni 2020 ini. Khusus untuk perhotelan nantinya akan disiapkan paket wisata Covid-19 bagi konsumennya.

    Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Dedy Pranowo Eryono mengatakan sejak awal pandemi Corona hanya ada 25 hotel dan restoran yang tetap bertahan. Kemudian pada Juni ini ada 22 yang mulai dibuka. “Jadi total ada 47 yang buka pada Juni ini dari total 463 hotel dan restoran yang ada di DIY,” katanya pada Senin (1/6).

    Dedy mengatakan paket wisata Covid-19 yang dimaksud yakni nantinya konsumen yang menginap di hotel bisa melakukan rapid tes dan uji swab. “Paket ini tentunya membutuhkan intervensi dari pemerintah, dalam hal ini dinas kesehatan,” ucapnya.

    Dedy menyebut intervensi sangat dibutuhkan karena kondisi dari hotel di Yogyakarta ada yang kuat maupun setengah kuat. Meski dari PHRI Pusat sudah ada protokol kesehatan sebagai panduannya.
    “Protokol kesehatan itu saat ini sedang kami sempuranakan. Di antaranya edukasi kepada karyawan, infrastruktur berupa wastafel, thermo gun, pelindung wajah, hingga sarung tangan," kata dia.

    Dedy mengatakan akibat dampak pandemi Corona sampai saat ini sudah ada 30 hotel yang tutup. Meski akan dijual, sampai saat ini belum ada pembelinya. “Intervensi dari pemerintah diperlukan, seperti dalam hal pinajaman dengan bunga ringan,” katanya.

    Dedi memperkirakan mayoritas hotel dan restoran hanya akan mampu bertahan hingga akhir Juni. Untuk itu perlu adanya upaya untuk menggeliatkan kembali pariwisata di DIY. “Pada prinsipnya kami siap menyambut new normal,” paparnya.(mel)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Wisata

    +