-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Jogja Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Survey Online, Solusi untuk Mendorong Kemajuan Bisnis Anda

    18/11/24, 20:28 WIB Last Updated 2024-12-10T07:29:42Z


    Kabar Jogja - Survey online memiliki banyak keunggulan. Mulai dari lebih cepat menjangkau para audiens sasaran, manajemen waktu yang tepat, hemat biaya, pertanyaan yang mudah dipahami, serta responden yang lebih jujur.


    Survey online merupakan salah satu cara pengumpulan data yang saat ini sudah cukup populer. Metodenya berupa mengirimkan sejumlah pertanyaan ke audiens.


    Pernyataan tersebut biasa dikirim melalui media semisal, disematkan ke situs website, media sosial, maupun langsung ke telepon seluler para audiens.


    Para audiens yang menjadi sampel ini pun kemudian bisa merespons pertanyaan tersebut melalui World Wide Web.


    Pertumbuhan dari metode survey online ini semakin berkembang seiring waktunya. Karena jangkauannya yang sangat luas dan cukup simpel, yakni mengirim pertanyaan dari desktop, laptop maupun perangkat seluler.


    Sedangkan audiens pun bisa mempunyai pilihan untuk merespons survei tersebut kapan pun yang mereka mau.


    Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa instrumen yang menentukan keberhasilan dari survey online ini. Pertama yaitu mengenai tujuan.


    Peneliti terlebih dahulu menentukan tujuan dari survey online supaya hasil yang diukur bisa dipakai untuk meningkatkan suatu layanan atau produk.


    Instrumen selanjutnya yakni peneliti harus merancang desain penelitiannya, supaya bisa membantu memutuskan cara mengumpulkan serta mengeksplorasi informasi memakai survey online.


    Peneliti bisa membuat keputusan jenis desain penelitian dengan menyesuikan masalah yang dihadapi.


    Lalu untuk instrument ketiga yakni mengenai keseimbangan pertanyaan terbuka dan tertutup yang dikurasi secara cermat.


    Pertanyaan dalam survey online sebisa mungkin dibuat agar efektif dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari responden.


    Pertanyaan yang paling sering dipakai dalam survey online ini biasanya pilihan ganda, dikotomi, matriks, dan skala Likert.


    Instrument selanjutnya yang menentukan keberhasilan survey online ini adalah mengenai pengumpulan data serta analisis dari umpan balik responden.


    Contoh survey online


    Salah satu contoh survey online yakni untuk mengumpulkan sejumlah informasi dari pelanggan atau karyawan.


    Misalnya pemilik usaha makanan yang memiliki layanan pengiriman makanan sampai ke tempat pelanggan.


    Pemilik usaha makanan itu kemudian ingin mengetahui tingkat kepuasan maupun kekurangan layanan tersebut.


    Oleh karena itu, pemilik usaha makanan itu pun bisa mengirimkan survei online melalui aplikasi seluler atau website ke beberapa pelanggan yang menjadi sampel.


    Keuntungan dari survey online


    Ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan dari metode survey online jika dibandingan dengan teknik yang lainnya, semisal survey memakai pena dan kertas.


    Keunggulan yang pertama yakni bisa menghemat waktu, karena survey online bisa sangat cepat mendapatkan umpan balik dari responden.


    Survey online juga hemat biaya karena sumber daya yang digunakan minim, sehingga bisa jauh lebih murah dibandingan dengan metode lainnya.


    Kemudian margin eror dari survey online ini juga minim. Sebab responden langsung menyerahkan survei yang telah dijawabnya ke peneliti tanpa melalui mediator.


    Survey online juga biasanya mendapatkan jawaban secara jujur dari responden. Sebab peneliti biasa mengizinkan audiens untuk menjawab secara anonim.


    Karena hal tersebut, perilaku responden berpeluang tinggi untuk lebih jujur dan benar dalam memberi umpan balik.


    Di Indonesia, salah satu penyedia jasa survey online yakni tSurvey. Dilansir dari laman resminya, tSurvey hadir untuk mendorong kemajuan bisnis klien.


    tSurvey memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan survey online lainnya. Mulai dari memiliki kuisioner terlengkap.


    Kemudian jangkauan responden terluas, target responden sesuai segmentasi pasar, responden cepat tanggap, hingga visualisasi laporan yang easy-to-read.


    Ada berbagai layanan yang ditawarkan oleh tSurvey ini. Di antaranya membuat survey dengan gratis.


    Lalu layanan Do it Yourself (DIY) berupa memilijh jenis survey, target pasar, hingga mengumpulkan ata bisa dilakukan sendiri secara mandiri.


    Ada pula layanan managed service, yakni bagi yang membutuhkan konsultasi atau jenis penelitian yang cocok untuk klien.


    Fitur lain yang dimiliki tSurvey yakni bisa menjadi respondent. Jika tertarik menjadi respondent, bisa langsung mendaftarkannya melalui website resminya.


    Respondent dari tSurvey pun berpeluang mendapatkan reward jika menyelesaikan survei sampai selesai dan memenuhi syarat.


    Ingin tahu informasi lebih lengkapnya mengenai tSurvey ini? Kalian bisa mengunjungi ke website resminya. (*) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sport

    +

    Milenial

    +
    close