-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Instrumen Penting Kemajuan SDM, Pemerhati Sosial Ingin PKK Berubah Sesuai Zaman

    09/02/24, 12:28 WIB Last Updated 2024-02-09T05:28:11Z

    Yogyakarta, Kabar Jogja – Pemerhati masalah sosial, Prima Sari melihat peran penting Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang aktif di tingkat RT berperan penting sebagai instrumen membangun dan kemajuan kualitas sumber daya manusia (SDM).


    Memiliki agenda 10 Program Pokok PKK, perkembangan gerakan yang lahir dari, oleh dan untuk masyarakat ini menghadapi kendala terkait dengan keberadaan SDM di dalamnya, sarana prasarananya serta dana.


     “Dihadapkan dengan situasi nasional, gerakan PKK memerlukan regulasi yang mendukung penguatan kelembagaan, program dan administrasi,’ jelas Prima Sari dalam rilis Jumat (9/2).


    “Hal itu menjadi kelebihan PKK, meskipun berbentuk sebagai gerakan, tapi struktur organisasi, program, administrasi dan anggotanya lengkap. Organisasinya dinamis dengan berbagai bentuk kegiatan-kegiatan, pertemuan dan edukasi yang melibatkan hampir semua rumah tangga, baik di desa atau wilayah kelurahan perkotaan”. Kata Prima Sari.


    PKK menjadi instrumen penting bagi kemajuan sumber daya manusia, sebagai pengasuh anak dan remaja di lingkungan. Saat ini pengelola PKK dihadapkan pada era digital sehingga dibutuhkan perubahan sudut pandang dalam membentuk karakter anak dan remaja yang kuat dan baik.


    “Diperlukan pola asuh yang dapat membentengi mereka dari efek buruk digitalisasi. Agar anak-anak di era zaman digital saat ini bisa terjauhkan dari faktor-faktor yang dapat merusak pola pikir,” jelasnya.


    Prima menerangkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), maka Sistem Informasi Manajemen (SIM) data PKK dipastikan akan semakin akurat dan terbarukan. Selain itu, memanfaatkan TIK, maka sumber daya manusia akan meningkat sesuai tuntutan dan tantangan zaman di era globalisasi.


     Menurut Prima Sari sudah sangat urgen penyelenggaraan workshop pemanfaatan sisi positif TIK bagi seluruh pengurus dan anggota PKK. Dengan itu akurasi data dapat tercapai dengan baik dan berjalan dengan baik, mulai tingkat provinsi, kabupaten kota, bahkan hingga tingkat kecamatan hingga Dasa Wisma.


    “Ini dilakukan untuk menjawab tuntutan zaman yang selalu meminta adanya program kerja secara terencana dan berkelanjutan mulai bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya,” ungkapnya.


    Di berbagai bidang, internet telah menjadi sarana yang efisien dalam menambah wawasan dan memperluas pengetahuan. Karena dunia internet terus berkembang, maka harus bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat positif dalam berinovasi dan membuka peluang bisnis.


    Dengan teknologi digital, gerakan PKK berpeluang membina dan mendidik pada bidang keterampilan sehingga menumbuhkan dunia wirausaha di skala keluarga untuk mendukung peningkatan ekonomi tanpa harus keluar rumah.


    Prima Sari meyakini pemerintah siap memberikan fasilitas dalam bentuk pelayanan atas permintaan masyarakat yang membutuhkan pembelajaran di bidang TIK.


    “Ini kegiatan positif sehingga sangat baik sekaligus penyegaran bagi kita semua para bapak dan ibu yang memiliki anak anak didik di rumah. Kita tidak boleh ketinggalan dengan anak-anak kita,” pungkas Prima Sari. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close