-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Polres Bantul Larang Sisi Barat Jalur Bukit Bintang Digunakan Parkir

    28/12/22, 11:25 WIB Last Updated 2022-12-28T04:25:54Z

    Bantul, Kabar Jogja - Mencegah kemacetan parah dan mengantisipasi kecelakaan selama libur tahun baru akhir pekan besok. 


    Polres Bantul melarang sepanjang sisi barat jalan kawasan Bukit Bintang, Kecamatan Piyungan digunakan untuk parkir.


    "Sama seperti libur Natal akhir pekan lalu, ada empat jalur utama di Bantul yang kita antisipasi tingkat kemacetannya," kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, Rabu (28/12).


    Ikhsan menyatakan jalur utama yang mendapatkan pengawasan terdiri dari tiga jalur pariwisata dan satu jalur cepat.


    Selain Jalan Parangtritis, dua jalur wisata yang lain yaitu Jalan Wonosari tepatnya sepanjang Bukit Bintang dan jalur wisata Mangunan 


    Polres memprediksi, Jalan Parangtritis di akhir pekan besok kemungkinan akan dilalui sebanyak 30-40 ribu kendaraan wisatawan yang menuju obyek wisata pantai.


    "Angka ini berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Ini meningkat lima sampai enam kali dari kendaraan yang melintas di hari biasa yang jumlahnya 5-6 ribu kendaraan," jelasnya.


    Untuk jalur Bukit Bintang, Polres Bantul selai menyiagakan posko pengamanan dan pemantauan. Juga mengeluarkan kebijakan dilarang parkir sepanjang sisi bara jalan atau tepi jurang.


    Ini sebagai antisipasi agar pengunjung tidak berhenti untuk menikmati pemandangan dari atas bukit yang berdampak menghadirkan kemacetan.


    'Kebijakan ini diambil juga sebagai upaya mencegah kejadian longsor seperti yang terjadi beberapa waktu lalu," terang Ihsan.


    Jalur wisata yaitu kawasan Mangunan, Polres menghimbau kepada pengguna kendaraan baik dari arah Pathuk maupun Imogiri untuk selalu menggunakan gigi kecil.


    "Tak hanya itu, penghapusan jalur Cinomati dari Google Map kami sambut baik karena akan mengurangi penggunaan jalur dari wisatawan yang belum pernah melintas," paparnya.


    Meski tetap menyiagakan tim pengaman bersama anggota sejumlah organisasi kemasyarakatan. Tim ini juga terdapat regu pengganjal roda bagi kendaraan yang gagal naik.


    Satu jalur terakhir yang diawasi yaitu sepanjang Ring Road Selatan. Tim di posko pemantauan dan pengamanan akan disiagakan di setiap perempatan mulai Janti sampai Pasar Gamping.


    "Semua personel untuk memperlancar arus lalu lintas di liburan akhir tahun besok akan disiagakan mulai 30 Desember," tutup Ihsan. (Tio)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close