-->
  • Jelajahi

    Copyright © KabarJogja.ID - Kabar Terkini Yogyakarta
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bangkitkan Usaha Mikro, Bank BPD DIY Salurkan KUR Bunga Nol Persen

    09/09/20, 20:27 WIB Last Updated 2020-09-09T13:28:29Z


    Yogyakarta, Kabar Jogja – Dalam upaya pemulihan dan ketahan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Bank BPD DIY meluncurkan berbagai stimulus dan subsidi kredit. Terbaru yakni menyalurkan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bunga nol persen.

    Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengatakan, KUR bunga 0 persen dengan plafon Rp10 juta ini diharapkan membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat. “Harapan kami ekonomi bisa terus tumbuh. Ini didorong dengan pergerakan masyarakat yang mulai tampak. Ekonomi berjalan, protokol penanggulangan Covid-19 juga kita jalankan secara disiplin,” katanya di kantor BPD DIY pada Rabu (9/9).

    Santoso mengatakan, prioritas dari program ini yakni diberikan kepada ibu-ibu yang sudah memiliki usaha setidaknya telah berjalan selama tiga bulan. Selain itu juga kepada mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) karena dampak pandemi Corona ini.

    “Progam ini terutama untuk menumbuhkan kegiatan-kegiatan usaha dari ibu-ibu. Kemudian mereka yang terkena PHK,” kata dia.

    Santoso berkata, target dari program ini dapat lebih tinggi dari program sebelumnya yaitu kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (Pede) yang menyasar 5.000 debitur. Meski begitu, pihaknya akan tetap selektif memberikan layanan ini. “Prinsip kehati-hatian tetap harus dilihat. Subsidi bunga dan dana ini dari pemerintah, jadi harus hati-hati,” ucapnya.

    Bank BPD DIY telah melakukan berbagai upaya dalam membantu menggerakkan ekonomi masyarakat di DIY. Di antaranya seperti meluncurkan kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PeDe) untuk pengausaha ultra mikro dengan bunga ringan, subsidi bunga dan penjaminan untuk PDAM serta penyaluran berbagai bantuan untuk mengangkat perekonomian masyarakat.

    “Kami juga memberikan sekitar dua ribu paket sembako kepada pelaku usaha mikro yang tidak bisa jualan karena pandemi,” ujarnya.

    Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X sebelumnya telah nenginstruksikan upaya peningkatan perekonomian di tengah pandemi. Yakni dengan memberikan mendukung berbagai usaha yang dilakukan masyarakat agar roda perekonomian biaa berputar lebih dulu. “Perbankan perlu dilibatkan untuk membantu memutar roda perekonomian,” ucapnya.(dho)

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini